Persiapan Menuju Miss Chinese World 2023, Kimberlyn dan Joan Jalani Latihan Public Speaking Dengan IPSA

0

Persiapan menuju kontes Miss Chinese World 2023 di Kuala Lumpur pada bulan Mei mendatang terus dilakukan dua putri binaan Yayasan EL JOHN Indonesia yakni Kimberlyn Sugianto ( Miss Chinese Indonesia 2022) dan Joan Angelina (Miss Chinese Indonesia Culinary 2022). Salah satu persiapan yang dilakukan dua gadis cantik tersebut, yakni melatih berbicara di depan umum atau public speaking.

Pada Kamis, (16/03/2023),  Kimberlyn dan Joan menjalani pelatihan public speaking dengan Ketua Umum Indonesian Professional Speakers Association (IPSA) Donny de Keizer di ruang rapat studio dua EL JOHN TV di kawasan Agung Podomoro Land, Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Pelatihan kepada putri binaan Yayasan EL JOHN Indonesia ini merupakan tindak lanjut dari penandatangan surat perjanjian kerja sama antara Yayasan EL JOHN Indonesia dengan IPSA.  IPSA adalah sebuah organisasi profesi pembicara profesional dan pembicara publik di Indonesia. Perjalanan IPSA selama ini sudah banyak melahirkan orang-orang yang piawai dalam public speaking.

Banyak pembelajaran yang didapat Kimberlyn maupun joan di pertemuan yang kedua ini, di antaranya  teknik presentasi Q&A, teknik menjawab pertanyaan dan yang tidak kalah penting adalah  melatih mindset sebagai seorang juara.

Ketua Umum Indonesian Professional Speakers Association (IPSA) Donny de Keizer mengapresiasi Kimberlyn dan Joan yang begitu semangat mengikuti rangkaian pelatihan.. Bahkan Donny menyebut ada progres yang baik yang diperlihat keduanya dalam belajar  public speaking.

“Luar biasa progresnya, kenapa saya bilang luar biasa karena baru pertemuan kedua tetapi Joan dan Kim sudah menunjukkan langkah-langkah kemajuan yang sangat luar biasa. Indikatornya adalah ketika mereka tampil mempresentasikan diri kemudian melakukan teknik presentasi yang menarik di depan juri yang nanti akan mereka hadapi di malam puncak dan yang paling penting adalah bagaimana keduanya melatih mindset dan mental mereka sebagai seorang juara untuk nanti tampil mewakili bangsa Indonesia di Kancah internasional,” kata Donny saat diwawancarai tim liputan EL JOHN Media.

Donny berpesan kepada Kimberlyn dan Joan untuk terus berlatih di rumah agar kemampuan dalam melakukan public speaking terus terasah, pasalnya jika mengandalkan pertemuan saja akan tidak maksimal hasilnya.  Selama Latihan di rumah Kimberlyn dan Joan diminta untuk merekamnya dan diberikan kepada IPSA untuk dinilai.

“Kami minta untuk merekam aktivitas mereka dalam bentuk latihan presentasi melalui rekaman video yang itu nanti akan dikirim ke kami dan kami akan melakukan penilaian memberikan catatan dan evaluasi sehingga tetap ada Feedback ya tetap ada komunikasi walaupun tidak bertemu secara tatap muka,” ujar Donny.

Kimberlyn dan Joan menyampaikan terima kasih kepada IPSA khususnya Ketua Umum IPSA Donny de Keizer yang ikut melatih. Menurut keduanya, materi yang disampaikan Ketua Umum IPSA sangat jelas dan mudah untuk dipahami.

“Senang ya bisa ketemu sama Pak Donny dan juga bisa dilatih, apa yang disampaikan Pak Donny mudah dipahami dan kita juga semangat untuk menjalani latihan ini,” kata Kimberlyn.

 “Aku  bersyukur banget bisa dapat dilatih sama Ko Donny, Ko Donny hebat  banget  cara menyampaikan materinya juga sangat mudah dipahami, kemudian interaktif dan kita bisa langsung berlatih dan itu menurut aku sih itu hanya bisa didapatkan dari pengalaman-pengalamannya yang begitu banyak . Jadi saya bersyukur banget bisa dapat bosnya tadi,” tutur Joan.

Kimberlyn dan Joan siap menjalani pesan-pesan yang disampaikan Ketua Umum IPSA, salah satu pesannya yakni untuk berlatih di rumah. Kimberlyn dan Joan pun menyatakan kesiapannya untuk menjalankan pesan yang sangat bermanfaat tersebut.

“Pak Doni pesan agar belajar juga di rumah, saya sangat setuju dengan pesan yang disampaikan Pak Donny. Karena untuk meraih hasil yang maksimal tidak harus terpaku pada latihan tatap muka saja namun harus dibantu berlatih di rumah,” ungkap Kimberlyn.

“Saya setuju sekali dengan Ko Donny,  jadi memang latihan itu nggak bisa sekali dua kali aja dan tentunya saya dan Kim pastinya akan kembali berlatih lagi di rumah dan mengirimkan video-video hasil kami berlatih lagi ke Ko Donny untuk meminta feedback sehingga kami bisa terus improve dan bisa memberikan yang terbaik untuk bangsa kita Indonesia,” kata Joan.

Latihan Public Speaking yang dijalani Kimberlyn dan Joan  Bersama IPSA  akan terus dilakukan hingga mendekati kontes Miss Chinese World 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *