Headline NewsSports

Prediksi Babak Semifinal EURO 2016, Jerman vs Perancis

Pertandingan panas sarat gengsi akan terjadi di babak semifinal EURO 2016, ketika Jerman meladeni tuan rumah Perancis di Stade Velodrome, Marseille, pada Jumat (8/7) dini hari WIB.

Jelang pertandingan yang menentukan siapa bakal lolos ke partai puncak, Jerman mendapat kabar buruk yang menyatakan mereka tak bakal bisa memainkan Mats Hummels, Mario Gomez, Sami Khedira, dan mungkin Bastian Schweinsteiger. Ini tentu merupakan ganjalan terbesar untuk tim yang tengah berusaha mengawinkan gelar juara Eropa dan Dunia, usai sukses yang mereka raih di Brasil dua tahun silam.

Sementara itu Perancis dikabarkan tidak punya masalah apapun terkait kebugaran pemainnya dan andai Les Bleus mampu tampil memikat seperti di babak pertama melawan Islandia di babak perempatfinal, mereka bakal dengan mudah mengalahkan tim manapun di turnamen ini.

Namun demikian, patut dicatat bahwa tim asuhan Didier Deschamps punya satu tanda tanya besar yang masih mewarnai perjalanan mereka: Usai pertandingan melawan Irlandia dan Islandia sejauh ini di fase knock-out, mereka belum pernah sekalipun melawan tim besar atau tim unggulan di EURO 2016.

Sebaliknya, Jerman, justru sempat menjalani laga sulit melawan Polandia di fase grup, dan mereka akhirnya mampu memastikan diri maju ke babak empat besar, setelah sukses melewati hadangan Italia, salah satu tim dengan penampilan terbaik sepanjang turnamen.

Banyak pengamat menilai Jerman akan diuntungkan di laga ini, mengingat Perancis tidak pernah menang melawan mereka di turnamen besar apapun sejak 1958. Namun demikian, manajer Joachim Loew sempat diminta pendapatnya mengenai fakta tersebut oleh media dan ia hanya menjawab dengan sederhana, ‘Itu hanya masa lalu’.

Kehilangan empat pemain kunci bisa jadi pukulan berat untuk Jerman. Keputusan untuk menurunkan Gomez alih-alih Mario Gotze usai beberapa pertandingan perdana benar-benar mengubah alur permainan tim secara keseluruhan. Selain itu, absennya sosok vital seperti Khedira, Schweinsteiger, dan Hummels bisa membuat tim kian tak seimbang.

Di sisi lain, Perancis punya tradisi bagus memenangkan turnamen besar di kandang sendiri. Mereka menjuarai EURO 1984 sebagai tuan rumah dan mereka juga tinggal dua langkah untuk melakukannya di edisi 2016. Namun tentu, semakin dekat mereka menuju podium juara, tekanan dari publik sendiri bakal semakin besar.

Andai pertandingan berakhir imbang, Jerman juga punya tugas berat untuk menyamai rekor Argentina. Sejak sistem adu penalti diperkenalkan di sepakbola Internasional, hanya ada satu tim yang mampu bertahan lewat adu tendangan 12 pas dua kali beruntun. Hal tersebut dicapai oleh Albiceleste di Piala Dunia 1990. Sementara tim lain yang pernah menang adu penalti dan menghadapi fase yang sama di pertandingan berikutnya, tercatat selalu menelan kekalahan.

Jerman tidak bisa memainkan Gomez dan Khedira lantaran dinyatakan harus absen di sisa turnamen karena cedera. Schweinsteiger juga masih diragukan untuk bermain di semifinal, sementara Mats Hummels pasti tak bisa turun karena akumulasi kartu.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Perancis tak punya satu pun pemain yang bermasalah dengan hukuman kartu dan hingga kini tak ada laporan yang mengatakan ada pemain kunci mereka mengalami cedera.

Head to Head Jerman vs Perancis

Perancis dan Jerman masing-masing dua kali meraih kemenangan dalam lima pertemuan terakhir mereka di semua ajang. Namun tidak ada satu pun kemenangan Les Blues terjadi di turnamen besar, sementara Der Panzer pernah menyingkirkan Perancis di Piala Dunia 2014 pada 4 Juli silam.

04/11/15 Perancis 2 – 0 Jerman

04/07/14 Prancis 0 – 1 Jerman

07/02/13 Perancis 1 – 2 Jerman

01/03/12 Jerman 1 – 2 Perancis

12/11/05 Perancis 0 – 0 Jerman

5 pertandingan terakhir Jerman :

13/06/16 Jerman 2 – 0 Ukraina

17/06/16 Jerman 0 – 0 Polandia

21/06/16 Irlandia Utara 0 – 1 Jerman

26/06/16 Jerman 3 – 0 Slovakia

03/07/16 Jerman 1 – 1 Italia

5 pertandingan terakhir Perancis:

11/06/16 Perancis 2 – 1 Rumania

16/06/16 Perancis 2 – 0 Albania

20/06/16 Swiss 0 – 0 Perancis

26/06/16 Perancis 2 – 1 Irlandia

04/07/16 Perancis 5 – 2 Islandia

Jerman (4-4-2) : Manuel Neuer; Kimmich, Jerome Boateng, B. Howedes, Hector; Emre Can, T. Kroos, Julian Draxler, Mesut Ozil; Mario Gotze, Thomas Muller.
Pelatih : Joachim Loew

Prancis (4-3-3): Hugo Lloris; Bacary Sagna, Adil Rami, L. Koscielny, P. Evra; Blaise Matuidi, N’golo Kante, Paul Pogba; A. Griezmann, O. Giroud, Dimitri Payet.
Pelatih : Didier Deschamps

 

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button