Putra Putri Binaan Yayasan El John Indonesia: Donor Darah Bermanfaat Bagi Kesehatan Pendonor dan Dapat Menyelamatkan Orang Lain

0

Putra Putri binaan Yayasan El John Indonesia menghadiri kegiatan donor darah dan pemeriksaan gula darah secara gratis yang diselenggarakan oleh 13 clubs Lions International 307 A1 yang berlangsung selama 26-27 Januari 2024.

Pada hari Jumat (26/1/2024), Putra dan Putri binaan Yayasan El John Indonesia terlihat antusias saat mengecek gula darah, Hb, tensi, hingga mendonorkan darahnya.

Putra Digital Indonesia 2023 Mufid M Alfayid mengatakan, kegiatan donor darah ini sangat positif dan banyak masyarakat yang antusias mendaftar untuk memberikan darahnya kepada masyarakat lain yang membutuhkan.

Mufid mengatakan, kegiatan donor darah dapat memberikan manfaat untuk kesehatan baik pendonor maupun penerima darah. Selain itu, ia juga berharap kegiatan ini dapat terus digaungkan dan selalu control cek kesehatan.

“Terima kasih kepada Lions International yang telah melakukan kegiatan ini. Semoga kegiatan ini terus berlanjut dan semangat terus untuk semuanya terutama untuk Lions International. Semoga bisa memberikan manfaat untuk masyarakat yang lebih luas lagi. Saya sangat mendukung penuh acara donor darah yang didirikan Lions International,” kata Mufid.

Putri Bumi Flora & Fauna 2023 Suci Ananda mengungkapkan, meski ini bukan kali pertama ia melakukan donor darah, tetapi tetap ada perasaan gugup saat mendonorkan darahnya. Meski begitu, ia mengaku tidak semenakutkan saat menjalaninya.

“Jadi banyak sekali orang-orang yang sehat dan baik di dunia ini tapi mungkin tidak tahu cara untuk menyalurkan kebaikannya seperti apa. Salah satu cara simpelnya yaitu melalui donor darah, jadi dari tubuh kita, kita kasih darah ke sesama yang membutuhkan,” ujar Suci.

Suci berharap, adanya kegiatan donor darah dapat menyadarkan masyarakat akan pentingnya kesehatan diri sendiri, serta keselamatan orang lain.

“Aku berharap orang-orang bisa lebih punya kesadaran untuk mendonorkan darahnya karena di luar sana banyak banget orang-orang yang membutuhkan pertolongan dari darah kita, dan juga tidak hanya benefit untuk orang di luar sana, tapi ternyata juga donor darah banyak banget benefit-nya untuk kesehatan kita sendiri,” ucap Suci.

Sementara itu, Miss Chinese Indonesia Inspirator 2023 Nathalia Angelina mengatakan, kegiatan donor darah yang dilakukan oleh 13 Clubs Lions International Distric 307 A1 dapat menjadi salah satu contoh baik kepada para stakeholder.

“Sebagai mahasiswa kedokteran, sangat ingin untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosial dan sukarela seperti ini. Dengan adanya kegiatan seperti ini, dapat menjadi wadah atau menampung mahasiswi-mahasiswi lain seperti saya yang ingin melakukan kegiatan sosial namun tidak mengetahui harus mulai dari mana,” kata Nathalia.

Menurut Nathalia, masyarakat harus mengetahui terlebih dahulu manfaat dan pentingnya donor darah. Ia juga mendukung penuh acara donor darah dan pemeriksaan gula darah seperti yang dilakukan oleh 13 Clubs Lions International Distric 307 A1.

“Pesan untuk Lions International, terima kasih sudah mengadakan acara seperti ini, sangat bermanfaat sekali dan mohon untuk tetap diteruskan karena sangat berguna bagi sesama. Pesan untuk masyarakat, jangan takut untuk mendonorkan arahnya karena darah kalian itu bisa berguna juga bagi sesama dan juga bisa mempunyai manfaat untuk diri kita sendiri,” ujar Nathalia.

Sedangkan pada hari Sabtu (27/1/2024), Putri Bumi Indonesia Udara 2023 Dessy Rahelia Siagian dan Putri Antinarkoba Indonesia 2021 Nami Afrah begitu semangat berbincang dengan dokter dan para pendonor. Tidak hanya itu, mereka juga berkesempatan untuk mengecek kesehatan dan melakukan donor darah.

Dessy mengatakan, untuk melakukan donor darah perlu persiapan fisik dan mental yang sehat. Menurutnya, kegiatan ini bisa membantu PMI (Palang Merah Indonesia) untuk mencari darah yang dibutuhkan.

“Tadi aku nanya-nanya sama orang, ada yang sudah 14 kali, 7 kali, jadi mereka itu memang sudah sering mendonorkan darahnya dan buktinya alhasilnya sehat. Jadi, tidak perlu takut bagi teman-teman yang belum pernah sama sekali ikut donor darah,” ucap Dessy.

“Ayo donor darah, dengan bantuan kalian bisa menyelamatkan banyak orang yang membutuhkan darah. Jadi, cukup kalian sehat fisik, sehat mental, dan jaga pola makan kalian karena setelah nanti melakukan donor darah, pastinya kalian merasa lemas, pusing, tapi itu tidak masalah, itu hanya sebentar doang. Cukup dibantu dengan makanan dan minuman yang secukupnya dan bergizi,” tambahnya.

Tak lupa juga Dessy mengucapkan terima kasih kepada 13 Clubs Lions International 307 A1 yang sudah mengadakan kegiatan donor darah secara rutin setiap tiga bulan sekali.

“Gerakan ini semoga bisa berjalan terus dan membawa dampak positif juga di masyarakat dan membantu banyak orang pastinya, sehingga kegiatan ini bisa menyelamatkan nyawa-nyawa manusia yang memang lagi membutuhkan darah pastinya. Terima kasih banyak kepada Lions International dan PMI,” harap Dessy.

Sementara itu, Nami Afrah mengaku baru pertama kali melakukan kegiatan donor darah. Meski sempat gugup, tetapi ini merupakan satu pengalaman yang tidak akan terlupakan dan bahkan akan terulang kembali di tiga bulan ke depannya.

“Aku pertama kali baru tahu kalau dengan donor darah itu kita bisa membuat tubuh kita menjadi lebih sehat, ternyata itu sama saja dengan kita mengeluarkan darah tua, jadi bukan darah kotor, tapi darah tua dan itu bisa menyehatkan tubuh kita kembali,” kata Nami.

Nami berharap, ke depannya Lions International Distric 307 A1 bisa terus mengadakan aksi sosial seperti donor darah dan pemeriksaan gula darah.

“Yuk jangan lupa untuk seluruh masyarakat Indonesia dan juga generasi muda Indonesia, jangan takut donorkan darah kamu di kegiatan-kegiatan yang selanjutnya diselenggarakan oleh Lions International,” tutup Nami.

“Jangan sampai kamu kelewatan aksi sosial seperti ini karena selain menyehatkan tubuh kamu, kamu juga bisa tergabung ke dalam komunitas yang mana kita tahu darah itu bis akita butuhkan suatu saat nanti atau bahkan kita membutuhkan darah untuk sosok-sosok yang mungkin juga memerlukan,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *