Raih Penghargaan LLDikti III, Untar Buktikan Diri Sebagai Penghasil SDM Berkualitas

0

Universitas Tarumanagara (Untar)_ menerima penghargaan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LLDikti III) yang diumumkan dalam acara Apresiasi Kinerja dan Kolaborasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di lingkungan LLDikti III, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa (30/05/2023).

Ada tiga kategori  penghargaan yang diterima Untar, yakni:

• Pelaporan Kewirausahaan dalam MBKM

• Pelaporan Bela Negara dalam MBKM

• Pelaporan Indikator Kinerja MBKM kategori “Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak”, di mana Untar mendapat apresiasi sebagai perguruan tinggi dengan mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala LLDikti III Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P. kepada Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., IPU, ASEAN Eng.

Selain Untar, beberapa perguruan tinggi lain menerima penghargaan dalam acara ini. Dalam sambutannya, Paristiyanti menyampaikan terima kasih kepada perguruan tinggi di lingkungan LLDikti III atas sinergi dan kerja sama yang dilakukan. Ia meminta agar perguruan tinggi dapat terus berkreasi dan berinovasi, sehingga ke depannya dapat memberi sumbangsih untuk kemaslahatan pendidikan tinggi di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Direktur Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kemendikbudristek Dr. Lukman, S.T., M.Hum., yang sejak 29 Mei 2023 sebagai Plt. Kepala LLDikti III.

Lukman menyatakan akan terus mendorong perguruan tinggi di lingkungan LLDikti III untuk menjadi “The Excellent and World Class University” atau Perguruan Tinggi Unggul dan Kelas Dunia. Para pimpinan perguruan tinggi diharapkan tetap semangat untuk meningkatkan SDM serta infrastruktur penunjang proses kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi.

Rektor secara khusus mengucapkan terima kasih kepada LLDikti III yang selalu berkontribusi dan bersinergi untuk pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia, khususnya wilayah Jakarta.

Terlebih, Untar dapat membuktikan perannya dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas. Hal ini tercermin dari banyaknya penghargaan yang diraih Untar terkait peningkatan kualitas pelayanan pendidikan melalui implementasi program MBKM.

Menurutnya, Untar telah berhasil menunjukkan performa yang baik dalam pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi.

“Penghargaan ini menunjukkan Untar telah berhasil menjalankan berbagai kegiatan MBKM yang bermanfaat untuk mahasiswa dan dosen. Hasil ini makin menguatkan posisi Untar sebagai salah satu PTS terbaik di Indonesia,” ujarnya.

Salah satu Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untar, Fidelius Marlfel yang telah memiliki beberapa pengalaman mengikuti Program Magang di beberapa perusahan besar di Indonesia berpendapat bahwa pengalaman mengikuti program magang yang menjadi bagian dari MBKM memberikannya kesempatan untuk terjun langsung dalam praktik dunia industri dan mengasah soft skill dan hard skill yang diperlukan dalam dunia kerja.

“Selain itu, melalui MBKM kami juga dapat menjalin relasi lebih luas, seperti saat ini saya sedang membangun start-up loyalty program yang akan segera launching bersama rekan kerja sebelumnya,” ujar Fidelius.

Acara Apresiasi Kinerja dan Kolaborasi MBKM memberikan apresiasi kepada institusi yang telah berkontribusi dalam mewujudkan visi Merdeka Belajar. Diharapkan penghargaan ini dapat mendorong semua pihak untuk terus berkolaborasi dan menghasilkan kinerja yang lebih baik dalam menciptakan pendidikan yang merdeka dan berkualitas.

Penghargaan ini menjadi daftar panjang perolehan penghargaan bagi Untar, yang pada Maret silam juga menerima enam penghargaan dari LLDikti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *