Headline NewsTourismTravel

Rumah Atsiri Indonesia Perketat Protokol Kesehatan

Rumah Atsiri Indonesia yang terletak di desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah mampu menghasilkan atsiri atau essential oil dari berbagai macam tanaman.

“Rumah Atsiri Indonesia dulunya adalah pabrik citronella atau sereh wangi kerja sama Indonesia dan Bulgaria ketika zaman Ir. Soekarno memerintah. Setelah itu dimiliki oleh PT. Rumah Atsiri Indonesia di tahun 2015, dan kami concern untuk membangkitkan kembali cita-cita bapak Soekarno di bidang atsiri khususnya. Kalau dulu hanya untuk bidang sereh wangi, saat ini kami fokus untuk ke semua tanaman yang berbau essential oil”, ujar Head Of Guest Relation Officer Rumah Atsiri Indonesia Caecilia Ruth.

Di tengah pandemi yang seperti ini seluruh team dan pegawai Rumah Atsiri Indonesia mendukung pemerintah dalam mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

“Rumah Atsiri Indonesia turut terapkan protokol kesehatan sesuai imbauan yang berlaku bagi semua pengunjung serta para staf. Sebelum pengunjung memasuki kawasan Rumah Atsiri Indonesia akan dilakukan screening suhu badan” ucap Caecilia

Caecilia menjelaskan, untuk masalah kebersihan, pengelola sering membersihkan property menggunakan disinfektan, karena disini banyak beberapa barang yang berpotensi untuk menularkan bakteri atau virus, jadi kami mendisinfektan rumah atsiri tiga kali dalam sehari.

“Kami juga menyediakan hand sanitizer di beberapa titik, serta ada juga wastafel. Ditengah pandemi ini jumlah pegawai sudah kami batasi dari yang sebelumnya 25 orang menjadi 10 sampai 15 orang. Selain itu mereka wajib menggunakan masker atau face shield, dan memastikan bahwa mereka itu dalam kondisi sehat” ujar Cecilia.

Selain itu SOP selama masa pendemi ini antara lain memperkenalkan diri dulu, menyebutkan berapa suhu tubuh kami, dan suhu tubuh teman-teman yang akan melayani pengunjung sebelum melaksanakan tour di rumah atsiri.

Kunjungan ke Rumah Atsiri Indonesia ini merupakan program “Perjalanan Wisata Pengenalan Destinasi Prioritas Pasar Domestik/Nusantara” kerjasama antara Kemenparekraf dengan Garuda Indonesia.

Di masa pendemi di harapkan masyarakat tetap jadi pahlawan di negeri sendiri dengan berwisata #DiIndonesiaAja untuk menikmati #WonderfulIndonesia serta tetap menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close