Headline NewsMarine Tourism

Siap Digelar, Festival Bahari Jakarta Jadi Pesta Rakyat Pesisir Pertama di Jakarta

Punya rencana ke Pulau Seribu, sebaiknya  rencana itu, dijadwalkan pada tanggal 21-22 September 2019. Pasalnya pada tanggal itu, akan digelar  Festival Bahari Jakarta (FBJ) di Pulau Seribu, dengan tema ‘Love Our Ocean’.

Pesta Rakyat Bahari pertama di Jakarta ini berlokasi di Pulau Tidung, Pulau Pramuka dan Pulau Pari. Rencananya, festival akan dibuka langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Festival ini bisa menjadi opsi yang menarik dan ekonomis untuk masyarakat Jakarta dan wisatawan.

Kegiatan-kegiatan mengenai peduli lingkungan akan disuguhkan, diantaranya kegiatan konservasi laut seperti aksi bersih pantai dan aksi bersih bawah laut, tranplantasi trumbu karang, serta penanaman inisiasi dengan semangat menanam 3000 bibit mangrove.

Selain itu, festival juga akan diisi dengan berbagai kegiatan menarik, yaitu kompetisi foto under water, kompetisi budaya pesisir, menikmati open water swimming dengan berkompetisi renang OWS 700 meter, dan kompetisi perahu hias dengan total hadiah Rp100 juta yang persembahkan oleh Pemprov DKI.

Tak hanya itu, FJB jukan dimeriahkan dengan Oceanic Folk Festival (OFF) yang berkonsep mempertemukan kebudayaan bahari masyarakat internasional dari Afrika, Amerika Latin, dan Asia-Pasifik dengan kebudayaan masyarakat bahari Pulau Tidung yang khas.

Kepala Bidang Kelautan Dinas KKP DKI Jakarta, Sri Wahyuni mengatakan, Festival Bahari tentunya akan menyajikan berbagai sajian wisata bahari yang berbeda dari sifat pariwisata pada umumnya.

“Wisata bahari haruslah lebih berkualitas untuk menikmati alam dengan rasa peduli, hal kecil bisa dilakukan dengan membiasakan diri membawa tumbler minum pribadi guna mengurangi sampah plastik,” kata Sri Wahyuni.

FBJ juga mendapat dukungan dari Pasar Jaya, yang pada tanggal 22 September akan meluncurkan Jak Grosir, yaitu gudang pusat perdagangan di Pulau Tidung Kecil, yang ditujukan untuk menyediakan dan menjaga kestabilan harga bahan pokok, hal yang krusial bagi kebutuhan masyarakat pulau. Tidak ketinggalan UKM dari Sudin KPKP Pulau Seribu, turut menggelar bazar pangan khas pulau tidung seperti keripik sukun, kerupuk anggur laut, ikan asin belah, tangkwe, kerupuk cumi, manisan ceremai, dan masih banyak lagi yang sangat pas untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close