Headline NewsMarine TourismTourismTransportation

Surabaya Dapat Kado Kapal Wisata Bertenaga Surya Dari Telkomsel

Jika anda ke Surabaya jangan lupa untuk menikmati wisata susur Sungai Kalimas dengan menggunakan kapal wisata baru. Kapal ini merupakan kado untuk Kota Surabaya yang memperingati Hari Jadinya ke-724 dari telkomsel

Kapal buatan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan didukung Telkomsel ini, diterima secara simbolis oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini di Dermaga Taman Prestasi Surabaya, Rabu, 31 Mei 2017.

Risma tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pembuatan kapal ini. Bukan hanya untuk wisata, menurut Risma kapal  ini juga dapat digunakan untuk misi mulai.

“Lebih dari itu, juga diharapkan menjadi sarana edukasi bagi warga tentang teknologi canggih untuk sebuah kapal,” kata Risma.

Dekan Fakultas Teknik Kelautan ITS Surabaya, Daniel M Rosyid, menjelaskan, kapal berkapasitas 12 penumpang itu dilengkapi beberapa sensor. Di antaranya sensor benturan, sehingga apabila mendekati objek bisa menghindar.

Selain itu, kapal ini juga memiliki sensor kecepatan arus dan sensor untuk mengetahui kualitas air sungai yang dilihat dari suhu.

Selain memanfaatkan tenaga hibrid, perahu juga memanfaatkan tenaga solar cell dan diesel. Tenaga solar cell digunakan untuk menghidupkan lampu dan navigasi kapal. Sedangkan untuk penggerak kapal masih menggunakan turbin.

“Kecepatan kapal mencapai 3-4 knot, dengan perkiraan 1 knot setara dengan 1,5km/jam,” jelasnya.

Executive Vice President Telkomsel Area Jawa Bali, Ririn Widaryani mengatakan, kapal wisata ini diberi nama Sawunggaling Surya Transport. Ririn menegaskan wisata air di Kota Surabaya perlu digalakkan. Fasilitas pendukung sudah tersedia dan keindahan Kota Surabaya juga asyik dinikmati di sepanjang menyusuri sungai dengan kapal wisata maupun perahu.

Ini akan menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan luar Surabaya. “Selama ini, Surabaya lebih didominasi wisata belanja, wisata pendidikan dan wisata religi. Dengan dukungan Telkomsel, kami optimis, ke depan wisata air Kota Surabaya bisa menjadi jujugan wisatawan domestik maupun mancanegara, seiring dengan perbaikan fasilitas sarana dan prasarana,” tukasnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button