DestinationHeadline NewsTransportation

TDF Diharapkan Dapat Mempopulerkan Wisata di Flores

Lomba balap sepeda internasional “Tour de Flores” (TDF) diharapkan semakin membuat pariwisata sejumlah kabupaten di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) semakin populer,

Menurut Kabid Promosi Wisata Buatan, Kementerian Pariwisata Putu Gayatri, even internasional yang memasuki tahun kedua tersebut cukup efektif mempromosikan Flores melalui media. “Setidaknya pada tahun-tahun mendatang sudah dapat kita lihat hasilnya berupa peningkatan jumlah kunjungan wisatawan,” kata Gayatri di sela meninjau pelaksanaan “Tour de Flores” 2017.

Menurut dia, even balap sepeda seperti “Tour de Flores” pada saat pelaksanaannya memang tidak terlalu banyak mendatangkan warga asing. “Berbeda dengan lomba lari marathon yang bisa mendatangkan ribuan orang pada saat pelaksanaan, pada even balap sepeda mungkin yang datang hanya 200 orang, namun even bisa untuk promosi yang efektif melalui media,” katanya.

Gayatri mengapresiasi panitia yang cukup kreatif menggencarkan publikasi “Tour de Flores”, di antaranya dengan membuat lomba foto “selfi” dan instagram terkait lomba di pulau tersebut. “Kegiatan seperti itu juga cukup bagus untuk promosi wisata di Flores hingga ke mancanegara,” ujarnya.

Namun ia juga mengharapkan Pemda NTT dan kabupaten di Flores segera memperbaiki berbagai kekurangan di sektor pariwisata ini. “Terutama dalam akomodasi dan transportasi ke tempat-tempat tujuan, juga harus meningkatkan kualitas SDM (sumber daya menusia) sektor pariwisata,” tambahnya.

Sementara ini, katanya, di Flores baru Ende dan Labuhan Bajo yang sektor pariwisatanya tergarap dengan baik dan kunjungan wisatawannya makin meningkat. Padahal banyak objek wisata lainnya di pulau tersebut.

Dalam “Tour de Flores” 2017, Kempar berpartisipasi dengan dukungan untuk hadiah bagi para pemenang, bantuan promosi dan publikasi.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button