EconomicHeadline News

Teh Indonesia Semakin Disukai Masyarakat Dunia, Ekspor Teh Harus Ditingkatkan

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat ada hasil yang membanggakan terkait ekspor teh Indonesia ke negara lain. Hasil tersebut dibuktikan dengan banyaknya konsumen dunia yang menyukai teh Indonesia karena kualitas dan aromanya. Demikian disampaikan Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kemendag Ari Satria, dalam keterangan tertulis, Jumat, 30 Maret 2018.

Dengan kondisi  itu,  Ari meminta kepada para pengusaha dapat meningkatkan ekspor teh. Semakin meningkatnya ekspor teh Indonesia maka semakin banyak masyarakat dunia yang mengkonsumsi teh Indonesia.

“Target yang Kemendag harapkan adalah adanya peningkatan pada grafik ekspor teh Indonesia yang meski pun perlahan tapi pasti,” kata Ari.

Ari menjelaskan, banyak masyarakat dunia yang mencari teh Indonesia karena kualitas dan aroma khasnya yang belum tertandingi. Seharusnya kondisi seperti ini dapat dijadikan peluang emas bagi produsen teh Indonesia untuk lebih giat lagi mengekspor hasil produknya. Selain itu para pelaku usaha  harus mampu mempersiapkan manajemen yang efektif untuk penciptaan nilai tambah hingga inovasi produk.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, ekspor teh 2017 meningkat dengan mencatatkan nilai ekspor teh Indonesia ke dunia sebesar 117,96 juta dolar Amerika Serikat, atau meningkat 1,04 persen dibanding tahun 2016 yang sebesar 116,75 juta dolar AS.

Data tersebut menunjukkan bahwa industri teh di Indonesia berpotensi untuk terus tumbuh lantaran kecenderungan pola konsumsi masyarakat dunia, khususnya menengah ke atas yang meningkat seiring perbaikan pertumbuhan ekonomi global.

Selama periode tahun 2012-2016, nilai ekspor teh Indonesia mengalami tren penurunan sebesar 8,08 persen.

Beberapa penyebabnya adalah penurunan daya beli masyarakat global dan tren penyusutan areal perkebunan teh nasional akibat konversi lahan.

Pada 2016, Indonesia menduduki peringkat ke-14 negara eksportir teh dunia dengan pangsa pasar 1,38 persen dari total ekspor teh dunia.

Dengan kapasitas produksi sekitar 150.000 ton per tahun pada 2016, pasar teh Indonesia berpotensi untuk terus dikembangkan. Tiap tahun, Indonesia mengekspor sekitar 50.000-70.000 ton teh ke seluruh dunia. (Sumber Antara)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close