Headline NewsSports

Tim Bulu Tangkis Indonesia Dilarang Bertanding di All England 2021

Ada kabar mengejutkan yang   diterima  tim bulu tangkis Indonesia saat sedang menjalani pertandingan All England 2021 di di Utiliti Arena Birmingham, Inggris (17-23 Maret 2021). Kabar itu yakni tidak diperbolehkannya Indonesia melanjutkan turnamen level Super 1.000 itu.

Para atlet bulu tangkis Indonesia diwajibkan untuk melakukan isolasi mandiri setelah ditemukan penumpang yang berada dalam pesawat dengan tim Indonesia terkonfirmasi positif Covid-19.

Sesuai dengan regulasi Pemerintah Inggris, jika berada pada satu pesawat dengan orang yang positif Covid-19, penumpang lain diharuskan menjalani isolasi selama 10 hari. Tak hanya atlet, para official tim bulu tangkis Indonesia juga melakukan isolasi mandiri.

“Seluruh tim Indonesia terpaksa harus mundur dari turnamen Yonex All England 2021 dan tidak dapat melanjutkan pertandingan. Hal ini dikarenakan, saat penerbangan dari Istanbul ke Birmingham pada Sabtu (13/3/2021) lalu, terdapat salah satu penumpang yang terkena Covid-19. Namun, kami pun tidak diberi tahu siapa, berapa orang, dan dari mana asal orang yang positif tersebut,” kata manajer tim bulu tangkis Indonesia, Ricky Subagja.

Ricky menjelaskan, para oficial telah dikabarkan lewat email terkait tidak diperbolehkannya squad merah putih berlaga di turnamen bulu tangkis paling bergengsi di dunia ini. Email itu dikirim oleh National Health Service (NHS), di bawah Pemerintah Inggris.

“Anda telah diidentifikasi kontak dengan seseorang yang baru-baru ini di tes positif Covid-19. Jadi, Anda harus tinggal di rumah dan mengisolasi diri hingga 23 Maret,” demikian bunyi e-mail NHS.

Meski harus menjalani isolasi, Ricky memastikan para atlet dan official dalam keadaan sehat. “Namun, dapat dipastikan keadaan seluruh tim Indonesia yang berada di Birmingham saat ini dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Hal ini merupakan kejadian luar biasa menyakitkan dan mengecewakan bagi kami semua,” tegasnya.

Sebelum ada keputusan tidak diperbolehkannya tim bulu tangkis Indonesia bertanding,  para atlet  dan official telah menjalani tes swab, saat tiba di Hotel Crowne Plaza Birmingham City Centre. Setelah menunggu hasil keluar selama sekitar 12 jam, semua dinyatakan negatif dari COVID-19.

Namun hasil tes swab tersebut diragukan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) dan Bulu Tangkis Inggris. Akhirnya kembali dilakukan tes ulang  dan hasil tes ulang pun sama tidak ada satu pun atlet dan official Indonesia yang terpapar Covid-19.  Dengan hasil tes kedua itu, tim Indonesia akhirnya dapat menjalani pertandingan. Indonesia pun berhasil menumbangkan lawannya dan menginjakan kakinya di 16 besar.

 Apesnya,  saat Anthony Sinisuka Ginting, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, ingin bertanding, keluar keputusan tidak diperbolehkannya Indonesia bertanding. Hal ini membuat  Anthony, Praveen/Melati, dan Fajar/Rian kalah WO alias walkover. 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button