TourismTransportation

Transportasi Ngarai Sianok, Tebing yang Indah

Ngarai-Sianok-Padang

Ngarai Sianok merupakan lembah curam yang berada di tengah Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat. Lembah yang panjang dan berkelok-kelok ini terletak di selatan Ngarai Koto Gadang sampai Ngarai Sianok Enam Suku, dan berhenti di Palupuh. Lembah curam ngarai ini mempunyai kedalaman 100 m dan memunyai panjang kurang lebih 15 km dengan lebar 200 m. Ngarai Sianok merupakan pemisah pulau Sumatera menjadi 2 bagian yang memanjang atau disebut Patahan Semangko. Sepanjang patahan yang dindingnya sangat curam serta tegak lurus ini membentuk lembah hijau yang merupakan hasil sinklinal (gerakan turunnya kulit bumi).

Untuk bisa sampai ke lokasi wisata alam ini anda bisa menggunakan mobil pribadi atau ado/andong (kereta tradisional) dari pusat kota ke Taman Panorama yang berada di jalan Panorama, disepanjang jalan menuju panorama anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah serta udara yang segar. Dan jika anda memilih melakukan perjalanan dari bandara Internasional Minangkabau, anda bisa menggunakan jasa transportasi atau penyewaan mobil Padang ke Bukittinggi.

Dari Bandara Internasional Minangkabau, Anda bisa menyewa mobil atau bus mini dari Padang ke Bukittinggi. Jarak dari Padang ke Bukittinggi adalah 90 km. Penginapan di sekitar Ngarai Sianok mungkin saat ini tidak tersedia, namun anda bisa mengginap di Bukit tnggi yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Ngarai Sianok. Di Bukittinggi terdapat beberapa pilihan hotel seperti: Hotel Kharisma, Grand milano, Hotel Campago atau yang lumayan bagus Hotel Pusako. Disini juga banyak hotel melati yang aman, nyaman, murah, semua dekat dengan objek wisata. Tapi jika ingin menginap saat long weekend, sebaiknya Anda memesan terlebih dahulu. Jika Anda ingin berkunjung ke Ngarai Sianok lebih baik Anda datang lebih awal untuk melihat matahari terbit atau menunggu saat matahari terbenam karena pada saat-saat inilah Anda akan menyaksikan pemandangan yang luar biasa indahnya.

Karena lokasinya yang jauh dari pemukiman akan lebih baik jika Anda menempuh tempat ini dengan berjalan kaki, atau menggunakan mobil pribadi bisa juga dengan Ado/Sado jika Anda ingin pergi ke Taman Panorama sebagai alternatif lain untuk menikmati pemandangan Ngarai Sianok. Di Taman Panorama, pengunjung dapat menikmati pamandangan indah Ngarai sambil makan di Gazebo. Anda bisa mengambil foto pemandangan Ngarai yang memesona. Banyak potografer dan pelukis datang ke Ngarai Sianok untuk mengabadikan pemandangan indah hasil dari keajaiban alam ini. Taman ini juga memiliki teater mini untuk pertunjukan kesenian lokal.

Jika sudah sampai di Ngarai Sianok, para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah sambil menikmati makanan di gazebo. Selain bisa menikmati pemandangan anda juga bisa mengabadikan pemandangan yang indah. Jika Anda ingin memanjakan mata Anda dengan menikmati keindahan Ngarai Sianok dari Taman Panorama, Anda bisa menggunakan Gazebo sambil melihat monyet-monyet yang bermain riang di sekitar taman. Ada sebuah menara dengan tinggi 20 meter dekat toko suvenir dimana Anda bisa melihat keindahan Ngarai Sianok lebih jelas. Alternatif lain, pengunjung bisa pergi dengan mengedarai mobil pribadi sepanjang 2 km ke pemukiman kecil dan ladang padi di kaki Ngarai. mandangan alam yang indah yang jarang ditemukan di kota kota besar. Walaupun jauh dari pusat kota anda tidak perlu khawatir kelaparan sebab disekitar Ngarai Sianok terdapat banyak restoran yang menyajikan berbagai makanan khas nasi kapau.

Dan bagi anda yang ingin menikmati Ngarai Sianok lebih lama lagi anda bisa menyewa penginapan di bukit tinggi, karena disekitar wisata sendiri belum ada tempat penginapan. Jarak dari bukit tinggi ke Ngarai Sianok juga tidak terlalu jauh, jadi memudahkan anda untuk berkunjung ke wisata ini kapan pun anda mau. Ngarai Sianok memiliki banyak sumber daya alam, maka tidak heran tanaman padi tumbuh subur di kaki ngarai Sianok. Berada sekitar 1 km barat daya Bukittinggi. Pengunjung dapat mengendarai mobil pribadi atau ado/andong (kereta tradisional) dari pusat kota ke Taman Panorama yang berada di jalan Panorama sambil menikmati udara yang sejuk di Bukittinggi.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button