LifestyleTechnology

Tweet Ramadhan Netizen Indonesia Paling Banyak Kedua di Dunia

Selama Ramadan lalu, netizen Indonesia sangat sering berkicau di sosial media Twitter. Hal yang dikicaukan apalagi kalau bukan seputar bulan puasa. Tak heran kalau akhirnya jumlah kicauan netizen Indonesia ini pun menduduki posisi kedua yang paling ramai di dunia.

Twitter mencatat ada 10,7 miliar tweet impressions yang terkait dengan Ramadan dari seluruh dunia selama satu bulan terakhir. Dan Indonesia menjadi negara teratas setelah Arab Saudi, sebagai negara yang paling banyak ngetweet seputar Ramadhan.

Hal ini juga tidak terlepas dari fakta bahwa Indonesia adalah  negara dengan jumlah muslim terbesar di dunia. Belum lagi akrabnya masyarakat Indonesia dengan sosial media yang satu ini. Pengguna dari Indonesia sering berbagi cerita Ramadan dengan fitur foto-video Twitter.

Mulai berbagi informasi tentang tempat terbaik untuk buka puasa, aktivitas seru ketika berpuasa, foto menu sahur sampai video perjalanan saat pulang kampung. Keramaian tweet orang Indonesia bahkan terus berlanjut saat Lebaran. Kicauannya terdengar paling nyaring di dunia. Ini terlihat jelas pada peta pesebaran tweet di hari pertama Idul Fitri.

Twitter sendiri memang terlihat tidak mau ketinggalan dalam euphoria Ramadan dan Idul Fitri ini. Buktinya, untuk semakin menyemarakan Idul Fitri 2016, pihak Twitter juga merilis emoji spesial. Kita sebagai pengguna hanya perlu menggunakan tanda pagar #lebaran atau #idulfitri, dan nanti akan ada ikon mesjid yang muncul setelahnya.

Sebelumnya perusahaan yang dinahkodai oleh Jack Dorsey ini juga sudah meluncurkan emoji berbentuk bulan dan Masjid. Emoji ini muncul ketika pengguna mengetik salah satu dari tanda pagar #KebersamaanRamadhan, #ramadhan, #bulanpuasa, #puasa, #sahur, atau #bukapuasa.

Mereka pun merilis akun @ramadhan yang bekerja sama  dengan delapan partner di Indonesia. Dengan mengikuti akun ini, pengguna Twitter di Indonesia akan mendapatkan konten seputar kuliner, kutipan religi dan pengingat jadwal shalat. Tweet dari akun ini juga sudah dilihat setidaknya 1.7 juta kali di Twitter selama bulan puasa kemarin

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button