DestinationHeadline NewsTourism

UNESCO Serahkan Sertifikat Warisan Dunia Kepada Pemprov Sumbar

Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO menyerahkan sertifikat penetapan Pertambangan  Batubara Ombilin Sawahlunto sebagai warisan dunia atau Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada Selasa  (29/10/2019). Penyerahan sertifikat ini dilakukan oleh  Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Arief Rahman kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di di Auditorium Gubernuran, Padang, Sumbar.

Sebelum diserahkan, Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Arief Rahman, Gubernur Sumbar dan tujuh kepala daerah kabupaten/kota yang terlibat menandatangani sertifikat duplikasi. Sementara sertifikat asli warisan dunia UNESCO Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto sendiri disimpan di Arsip Nasional.

Arief mengatakan butuh perjuangan untuk menjadikan Pertambangan  Batubara Ombilin sebagai warisan dunia. Perjuangan itu ditempuh selama kurun waktu 7 tahun. Namun, kini perjuangan itu,  telihat hasilnya sesuai dengan  harapan bersama.

“Sertifikat atau dokumen ini sudah ditandatangani oleh Direktur Jenderal UNESCO tanggal 10 Juli 2019 pada sidang ke-43 Komite Warisan Dunia UNESCO PBB di Pusat Kongres Baku, Azerbaijan,” kata Arief

Disampaikannya, Pertambangan Batu Bara Ombilin atau Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto menjadi warisan dunia UNESCO karena dinilai unggul dalam dua kategori, yaitu nilai universal luar biasa untuk pertukaran informasi dan teknologi lokal dengan teknologi Eropa di jaman penjajahan. Nilai kedua sebagai contoh luar biasa dari tipe bangunan, karya arsitektur dan kombinasi teknologi atau lanskap yang menggambarkan tahapan penting dalam sejarah manusia.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengucapkan terima kasih atas perjuangan semua pihak atas ditetapkannya Pertambangan Batu Bara Ombilin sebagai warisan dunia

“Kita patut berbangga hati sudah ditetapkannya pertambangan batu bara ombilin zaman Kolonial Belanda sebagai warisan dunia,” ujar Gubernur Sumba.

Irwan mengajak 7 kabupaten/kota yang ada di Sumbar untuk berbenah dan menggenjot kunjungan wisatawan ke Sumbar. Penetapan Pertambangan Batubara Ombilin sebagai  warisan dunia ini, menjadi peluang untuk mengembangkan sektor pariwisata di Sumbar.

Tujuh daerah yang masuk dalam jalur warisan budaya Tambang Batubara Ombilin selain kota Sawahlunto, juga ada Kabupaten Solok, Tanah Datar, Padang Pariaman, Kota Padang Panjang, Solok, dan Padang.

Seperti diketahui, UNESCO menetapkan Pertambangan  Batubara Ombilin Sawahlunto sebagai warisan dunia. Penetapan ini diumumkan pada gelaran Sesi ke-43 Pertemuan Komite Warisan Dunia pada tanggal 6 Juli 2019 di Kota Baku, Azerbaijan, pukul 12.20 waktu setempat. Pertemuan komite ini diselenggarakan pada tanggal 30 Juni hingga 10 Juli 2019 dan merupakan acara rutin tahunan Komite Warisan Dunia (World Heritage Committee) yang dimandatkan oleh Konvensi tentang Perlindungan Warisan Budaya dan Alam Dunia (Convention concerning the Protection of World Cultural and Natural Heritage), atau yang secara singkat disebut sebagai Konvensi Warisan Dunia 1972.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close