EconomicHeadline News

Wapres Minta Apindo Jaga Keseimbangan Hubungan Pengusaha dan Pekerja

Wakil Presiden Jusuf Kalla, menitip pesan kepada Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) saat membuka  Rakerkonas Apindo di Hotel Swiss Bell Batam, Kepulauan Riau, Selasa (2/4/2019). Pesan yang disampaikan Wapres itu,  yakni meminta Apindo  selalu menjaga keseimbangan hubungan antara pengusaha dan pekerja serta Pemerintah, agar perekonomian Indonesia dapat meningkat.

“Apindo harus menjaga keseimbangan itu – antara pekerja, pengusaha dan pemerintah – karena pemerintah berkepentingan dalam urusan pajak,” kata Wapres

Wapres menyebut pengusaha, pekerja dan pemerintah merupakan kesatuan yang tidak bisa dilepaskan dalam menjalankan roda perekonomian. Jika hubungan itu terjalin baik,  maka semua pihak akan diuntungkan.

“Kepentingan pengusaha dan kepentingan pekerja itu sama, ialah memajukan usaha, memajukan ekonomi; sehingga pengusaha dan juga pekerja dapat maju bersama,” katanya.

Untuk dapat menjaga keseimbangan hubungan tersebut, menurut dia, pemerintah turut hadir sebagai penengah khususnya dalam hal permintaan kenaikan upah pekerja kepada pengusaha.

JK menjelaskan, dalam dunia usaha ada pemikiran yang mengatakan bahwa pemberian upah murah kepada pekerja dapat membuat perekonomian suatu negara menjadi maju.

Namun ada pula pemikiran yang mengatakan bahwa pemberian kenaikan gaji dapat meningkatkan daya beli masyarakat.

“Oleh karena itu pemerintah mengambil jalan tengah bahwa (upah) harus naik sejalan dengan ekonomi. Oleh karena itu terbit PP Nomor 78 bahwa setiap kenaikan inflasi harus juga dihitung untuk menaikkan upah riil para pekerja,” jelasnya.

Selain itu, Wapres mengatakan para pekerja juga berhak mendapatkan bagian yang setara dengan kemajuan ekonomi. Sehingga keadilan antara pengusaha dan pekerja dapat terjaga, seiring dengan kemajuan perekonomian bangsa.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close