DestinationLifestyle

WISH Festival 2019 Dorong Penyediaan SDM Unggul Lewat Beasiswa

World Indonesia Schoolarship (WISH) Festival 2019 bersama LOKALATE mendorong kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan menyediakan beasiswa di Indonesia. Penyediaan beasiswa diharapkan bisa memacu penyediaan tenaga SDM unggul untuk Indonesia yang lebih maju.

Ketua WISH Festival 2019, Akbar Nikmatullah Dachlan berkata bahwa kegiatan ini merupakan langkah agar anak muda di Indonesia dari Aceh hingga Papua memperoleh akses informasi beasiswa baik di dalam maupun di luar negeri.

“WISH Festival dilakukan secara berkala di 21 kota, dari Aceh sampai Papua. Kami percaya bahwa setiap anak bangsa berhak memiliki kesempatan yang sama untuk pendidikan berkualitas. Kita berharap kegiatan ini menjadi salah satu langkah yang tepat guna dalam mewujudkan cita besar Indonesia yaitu untuk mempersiapkan Generasi Emas Indonesia di Tahun 2045,” ujarnya dalam Konferensi Pers di Universitas Pertamina, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Selain itu, tujuan dari penyelenggaraan acara di 21 kota ini merupakan bentuk keingintahuan kebutuhan tenaga kerja di setiap wilayah.

“Kondisinya pemberian beasiswa itu kan di pukul rata, misalnya dibutuhkan engineering padahal kan enggak, bisa saja di daerah itu beda prioritasnya, yang ideal itu adalah ketika para penyedia beasiswa itu melihat kebutuhan di masing-masing daerah, jadi ketika setelah selesai studi, kemampuan itu bisa dioptimalkan di daerahnya, itu fokus kami sehingga di 21 daerah ini kita ingin melihat kebutuhan SDM di daerah lain seperti apa,” tuturnya.

WISH Festival 2019 Dorong Penyediaan SDM Unggul Lewat Beasiswa

Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina, Ichsan Setya Putra memaparkan bahwasanya untuk menciptakan SDM unggul harus dibarengi dengam revolusi mental. Bahkan, revolusi mental tersebut harus mulai diajarkan sejak berada di lingkungan rumah.

“SDM unggul Indonesia maju, hal ini memang yang jadi urusan di Indonesia itu, pak (Presiden) Jokowi itu bilang kalau harus ada revolusi mental karena itu inti permasalahan di negeri kita dan itu harus dimulai tidak hanya di pendidikan dasar, tapi mulainya dari rumah, semua orang tua harus menyadari kalau dia punya tanggung jawab untuk mendidik anaknya,” terangnya.

Akbar juga mengatakan bahwa acara penyediaan beasiswa ini akan berakhir besok Sabtu (9/11) di lokasi yang sama. Untuk kuota sendiri, setiap lembaga penyedia beasiswa menawarkan jumlah yang berbeda-beda.

“Kuota beasiswa itu sebetulnya itu tergantung penyedia beasiswa. Tapi kita mewadahi para penyedia beasiswa, silahkan hadir diacara kita, kuotanya itu disampaikan jadi kuotanya itu beda-beda. Lalu, dari pemerintah Indonesia dan pemerintah luar itu menyediakan slot khusus bagi peserta yang tinggal daerah 3 T (tertinggal, terdepan dan terluar) di Indonesia. Memang daerah 3 T itu menjadi prioritas. Proporsi Indonesia Timur, daerah 3 T prioritas karena menurut kami itu menjadi suatu upaya untuk mendorong beasiswa ini sehingga beasiswa bukan hanya untuk kota besar saja,” jelas Ichsan.

Untuk mendapatkan informasi mengenai beasiswa dengan mudah di seluruh dunia, saat ini scholarshipcenter.id yaitu situs pusat data beasiswa juga sudah dapat diakses. WISH Festival 2019 juga berhasil memecahkan rekor MURI sebagai ‘Pelatihan Beasiswa secara Seri di Kota Terbanyak’ di Indonesia.”

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close