DestinationHeadline NewsTourism

Yuk, Malam Tahun Baru di Candi Borobudur Dijamin Meriah

Perayaan tahan baru di Candi Borobodur dijamin bakal meriah. Di salah satu dari 10 destinasi prioritas itu, bakal menggelar Borobudur Nite and Cultural Feast yang akan dilaksanakan pada 30-31 Desember 2017.

Beragam atraksi pesta rakyat sudah disiapkan oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko yang menjadi penggagas festival ini. Selain itu, pihak penyelenggara juga akan mendatangkan penyanyi jazz Andein yang akan menghibur para pengunjung hingga melewati malam pergantian tahun.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Edy Setijono mengucapkan rasa syukur festival ini sudah digelar empat kali berturut-turut setiap tahunnya. Untuk tahun ini tema yang diusung yakni “Amazingly Wonderful”. Meski dibalut dengan kemeriahan, festival ini tetap dapat menjaga kesakralan dan ekosistem Candi Borobudur.

“Ada empat pilar tema utama, yakni persembahan music, art, culture dan lantern. 20 desa se-Kecamatan Borobudur akan dilibatkan untuk memamerkan hasil kesenian dalam kegiatan tersebut. Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung, termasuk Kementerian Pariwisata,” ujar Edy.

Edy pun menjelaskan kegiatan-kegiatan apa saja yang digelar di Nite and Cultural Feast 2017. Kegiatan diawali dengan lomba kreasi masak beong (ikan khas daerah setempat). Dilanjutkan dengan pertunjukan seni angklung, jathilan dan atraksi tradisional lainnya.

Keesokan harinya, akan dilanjutkan dengan pertunjukan Strek Desa Sambeng Borobudur, Ring of Fire Band, Santoz Magician, Bregada Desa Karanganyar Borobudur dan pertunjukan lainnya. Semuanya bisa dinikmati masyarakat umum secara gratis. “Ada pula Balai Perekonomian Desa (Balkondes) Nite yang diselenggarakan di 20 desa di sekitar Candi Borobudur, ini akan menambah ceria acara,” ujar Edy.

Acara Borobudur Nite 2017, akan digelar di Lapangan Lumbini mulai pukul 17.00 WIB. Berbagai pertunjukan akan ditampilkan mulai dari penampilan fashion karnaval oleh Gaharu Nusantara, hingga sajian musik dari Java Ensemble and Orchestra, Kevin and The Red Rose, Nico. Puncaknya akan dihibur dengan suara emas Andien yang akan membawakan sejumlah lagu jazz dan pelepasan ribuan lampion.

“Pada detik-detik menjelang pergantian tahun, para pengunjung akan menerbangkan ribuan lampion yang di dalamnya telah ditulis doa dan harapan di tahun 2018 mendatang. Proses hitung mundur tahun baru akan berkesan dengan tujuh ribu lampion yang dilepas secara bersamaan,” ujar Edy.

Andien mengaku senang bisa dilibatkan dalam Borobudur Nite 2017. Dirinya akan menyiapkan penampilan spesial yang tetap kental dengan ciri khas. “Senang sekali diajak main di Borobudur Nite 2017. Saya merasakan energi yang kuat yang akan membuat saya akan semakin tenggelam dalam suasana kemeriahan jelang pergantian tahun. Datang ke Borobudur saja udah kuat atmosfernya, energinya dan pasti itu akan dirasakan sama yang nonton,” ujar Andien.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun menitipkan pesan untuk seluruh wisatawan yang akan menikmati acara pergantian tahun ini. Bantu promosikan dan viralkan Wonderful Indonesia. Caranya? setiap aktivitas wisata yang dilakukan jangan lupa ambil foto, video dan posting di sosial media masing-masing dengan menambahkan hashtag #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #(lokasi/daerah wisata/kuliner yang dikunjungi/dinikmati).

“Selamat menikmati Borobudur Nite and Cultural Feast 2017. Selamat merayakan pergantian tahun baru kepada seluruh masyarakat Indonesia!” ujar Menpar Arief Yahya.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button