Travel

6 Tips Traveling Saat Puasa, Tetap Nyaman dan Menyenangkan

Liburan menjadi kegiatan menyenangkan karena bisa menjadi momentum untuk beristirahat dari sibuknya rutinitas, mengurangi stres, memiliki manfaat baik bagi kesehatan mental, memberikan tenaga dan semangat baru, dan sebagainya.

Bagi sebagian orang, memilih traveling saat sedang puasa karena merupakan kegiatan baru yang seru. Meski begitu, perlu diperhatikan beberapa hal agar kamu tetap bersemangat liburan saat berpuasa.

Lantas, apa saja tipsnya? Simak ulasan berikut ini.

Siapkan Dana

Sumber Foto: Freepik

Sebelum traveling, pastinya kamu perlu memperhitungkan berapa banyak uang yang ingin kamu keluarkan dan dipakai untuk apa saja.

Untuk mengetahui kebutuhan dana, kamu bisa membuat daftar perkiraan saat liburan nanti, terlebih bila kamu ingin membawa oleh-oleh, pastinya pengeluaran akan lebih banyak.

Tentukan Perjalanan

Sumber Foto: Freepik/jcomp

Selain dana, menentukan perjalanan juga tidak kalah penting. Meski sedang puasa, bukan berarti menjadi penghalang untuk traveling. Kamu bisa memilih destinasi wisata yang sejuk dan tidak terlalu jauh.

Jangan lupa untuk membuat daftar perjalanan tempat wisata mana yang ingin kamu datangi dan transportasi apa yang digunakan saat liburan, sehingga saat tiba di kota atau negara tujuan, kamu tidak kebingungan atau kesusahan mencari.

Buat Catatan Waktu

Sumber Foto: Freepik

Traveling saat puasa penting untuk menentukan waktu yang tepat untuk jalan-jalan. Untuk menghindari waktu yang kurang tepat atau cuaca panas, kamu bisa pergi di pagi atau sore hari. Selain itu, sebelum bepergian kamu dapat mengecek prakiraan cuaca.

Di sisi lain, dengan jalan-jalan pada sore hari juga bisa menjadi momen untuk ngabuburit menunggu dan mencari menu buka puasa.

Jangan Lupa Sahur

Sumber Foto: Freepik

Meski sedang traveling, namun jangan lewatkan untuk tetap sahur agar tetap mendapatkan energi. Bila skip sahur, bisa saja membuat kamu mudah lelah dan dehidrasi, bahkan menyebabkan masalah kesehatan, sehingga liburan kamu menjadi tidak menyenangkan. Selain itu, jangan lupa untuk tetap membawa obat-obatan sebagai pertolongan pertama.

Cari Tempat Ibadah

Sumber Foto: Freepik/rawpixel

Meski kamu sedang asyik traveling, tapi jangan sampai melupakan kewajiban untuk ibadah. Maka dari itu sebelum traveling, kamu harus mencari tahu informasi tempat ibadah di sekitar lokasi penginapan dan lokasi yang dituju. Selain itu, jangan lupa untuk membawa peralatan ibadah pribadi.  

Bawa Makanan dan Minuman Ringan

Sumber Foto: Freepik

Hal lain yang mesti diperhatikan saat traveling di bulan Ramadan adalah membawa makanan dan minuman ringan. Ini menjadi antisipasi bila kamu tidak menemukan tempat makan terdekat untuk berbuka atau sahur. Kamu bisa membawa camilan seperti roti, biskuit, maupun air minum.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button