TechTechnology

Adopsi Budaya Transaksi Digital Meningkat, Bill Payment dan Kirim Uang Jadi Fitur Terfavorit Pengguna DANA Saat Pandemi

Pandemi yang disebabkan oleh mewabahnya COVID-19 telah mendorong banyak perubahan di berbagai sektor dan lini kehidupan masyarakat. Perubahan yang terlihat mengemuka adalah meningkatnya adopsi teknologi digital di kalangan masyarakat luas. Ini ditandai dengan makin intensifnya penggunaan platform-platform digital untuk mendukung produktivitas dan kebutuhan sehari-hari masyarakat sesuai dengan protokol kesehatan dan tatanan baru.

Dengan kapabilitasnya yang lengkap, teknologi yang mumpuni, proteksi keamanan serta kepraktisan yang dihadirkan, DANA makin mendapatkan kepercayaan masyarakat untuk mendukung berbagai aktivitas transaksi nontunai mereka. Peningkatan animo masyarakat dalam memanfaatkan dompet digital DANA, secara general, terlihat pada beragam transaksi kebutuhan pokok rumah tangga, pembayaran tagihan-tagihan, hingga donasi kemanusiaan.

Selama masa pandemi, penggunaan dompet digital DANA untuk mendukung transaksi online tercatat lebih dominan dibandingkan dengan penggunaan untuk transaksi offline. Dari total transaksi yang dilakukan dengan menggunakan dompet digital DANA, 98% di antaranya merupakan transaksi online. Adapun 2% lainnya merupakan transaksi offline dengan menggunakan QR Code.

Dari keseluruhan tren peningkatan bertransaksi nontunai dengan menggunakan dompet digital DANA, transaksi pembayaran kebutuhan rumah tangga dan transfer uang menjadi dua aktivitas dengan peningkatan signifikan. Ini tampak dari signifikansi peningkatan pemanfaatan fitur Bill Payment dan Kirim Uang yang masing-masing meningkat lebih dari 40% dibandingkan dengan masa sebelum pandemi.

Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA mengatakan, “Peningkatan pemanfaatan kedua fitur tersebut menunjukkan makin menguatnya kepercayaan masyarakat terhadap jaminan keamanan bertransaksi dengan dompet digital DANA. Tren tersebut juga menjadi konfirmasi makin menguatnya pengakuan masyarakat terhadap keandalan teknologi digital dalam mengakselerasi berbagai kebutuhan transaksinya secara efisien. Ini menjadi indikasi positif meningkatnya inklusi digital di bidang finansial, sekaligus menguatnya budaya nontunai yang makin efisien, kompeten, dan aman di kalangan masyarakat luas.”

Vince juga menegaskan bahwa DANA akan terus menghadirkan pengalaman penggunaan yang mengutamakan kemudahan, kepraktisan, kenyamanan dan keamanan bertransaksi bagi penggunanya. Sebagai platform terbuka, DANA telah dan akan terus mengembangkan sinerginya dengan penyedia layanan lain. Komitmen ini adalah untuk memperluas akses pengguna ke pemenuhan kebutuhan-kebutuhan utama secara digital sehingga mereka kian yakin dengan keandalan DANA.

Saat ini, dengan fitur Bill Payment pengguna DANA dapat dengan mudah melakukan pembayaran berbagai kebutuhan, seperti membayar tagihan internet, TV Kabel, listrik, gas, PAM, hingga BPJS. Pengguna dapat memilih sumber dana yang beragam untuk melakukan pembayaran, bisa dari saldo DANA, ataupun dari dana yang ada di kartu kredit dan kartu debit yang telah tersimpan dan terotorisasi di DANA melalui teknologi Binding Card.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close