DestinationEco TourismTourism

Aksesibilitas Objek Wisata di DIY Semakin Membaik dan Bersahabat

Akses menuju ke tempat-tempat wisata atau konektivitas antar destinasi wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) semakin hari semakin membaik. Jalan-jalan mulus berhasil menyambungkan satu obyek di satu daerah dengan obyek berikutnya di daerah lain. Misalnya, obyek wisata di Kulonprogo, Bantul dan Gunungkidul, kini terhubung jalan mulus JJLS (Jalur Jalan Lintas Selatan).

“JJLS atau Jalur Jalan Lintas Selatan ini tidak hanya menghubungkan wilayah di DIY saja. Namun juga menghubungkan wilayah Jawa Tengah , DIY, dan Jawa Timur bagian selatan. Membentang dari Purworejo di Jawa Tengah hingga Pacitan di Jawa Timur. Ini akan menambah kenyamanan wisatawan yang berlibur ke DIY,” jelas Kepala Dinas Pariwisata DIY, Aris Riyanta MSi.

Saat libur lebaran nanti, diharapkan wisatawan bisa lebih nyaman dan aman saat berada di jalan. Sehingga para wisatawan bisa menikmati obyek wisata di DIY tanpa mengeluh jalannya jelek sehingga waktunya habis di jalan.
Untuk tempat-tempat wisata, Kepala Dinas Pariwisata DIY menyebutkan, di DIY, khususnya di wilayah Gunungkidul terdapat Geopark Gunungsewu yg sudah diakui oleh UNESCO pada 19 September 2015 dan sudah  berhasil masuk dalam Global Geopark Network.

Sehingga yg diakui UNESCO tidak hanya candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, namun ditambah Geopark tersebut.

“Jadi andalan kita saat ini tidak hanya candi. Ada 13 geosite di wilayah tersebut, yang saat ini sudah dijadikan sebagai pemberdayaan masyarakat melalui pariwisata,” tambah Aris.

Para wisatawan, lanjut Aris, bisa menikmatinya saat liburan nanti. Antara lain Gunung Api Purba Nglanggeran, berbagai goa seperti Goa Jomblang, Goa Pindul, Goa Kalisuci, Goa Tanding dan goa-goa lainnya.

“Juga site Bengawan Solo Purba, bukit-bukit unik berbentuk domes, situs Sukoliman, dan pantai-pantai indah berpasir putih, kesemuanya itu terbentuk dari dasar laut yang terangkat ke daratan karena tenaga endogen dari dasar bumi beberapa juta tahun lalu,” tutup Aris.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button