Culinary TourismTourism

Aneka Mie Khas Indonesia

Anda penyuka kuliner yang berbahan dasar mie, kalau iya berbahagialah anda karena Indonesia memiliki banyak sekali makanan yang terbuat dai mie. Untuk makan yang kita kenal dengan bahan mie ada soto, gado-gado dan mie aceh. Nah ini ada beberapa mie yang dapat anda jadikan referensi.

 mie godhog

Kalau anda ke Yogya maka anda akan menemukan mie Jawa dengan versi goreng atau berkuah. Mie ini dikenal dengan mie Godog dan berbahan dasar Mie kuning, telur, daging ayam yang di suwir dan bebrapa sayuran seperti kol tomat dan daun bawang. Untuk rasanya jangan ditanyakan lagi, pastinya uenak e polll.

 bakmi-jogja-bengawan

Selain mie godog di Yogya juga masih ada bakmi yang patut anda coba. Untuk bakmi ini juga ada versi goreng atau versi berkuah, kalau berkuah anda bisa mendapatkan rasa yang gurih dari kaldu ayamnya semenatara kalau goreng anda akan menikmati rasa yang enak dengan pencampuran kecap dan beberapa bumbunya.

 mie tiau ptk

Kalau anda menyukai mie tanpa berkuah anda dapat mengunjungi Pontianak di Kalimantan Barat. Anda akan mendapatkan Mie Tiauw sapi, rasa mienya yang sangat enak dan ditambah taburan daging sapi akan menambah kenikmatannya. Selain itu pembuatannya juga menggunakan kecap tapi pada saat anda akan memakannya rasa dari kecap itu tidak akan terlalu terasa.

 mie-kocok-bandung3

Kemudian kita akan berangkat ke Bandung dan kalian akan menemukan Mie Kocok yang merupakan mie khas dari kota kembang Bandung. Mie Bandung ini rasanya gurih, biasanya ditambah tauge,potongan kikil, atau kulit sapi. Biar lebih seger, biasanya ditambah dengan sambal cabe rawit dan jeruk nipis.

 SONY DSC

Nah ada juga nih mie yang memiliki rasa pedas tapi tidak membuat anda sakit perut yaitu Mie Aceh, atau dapat dikatakan sebagai Spagetinnya Indonesia. Hal ini dikaenak bentuk mienya yang seperti spagetti ini, tapi jangan salah dengan rasanya karena akan terasa sekali ke khassan dari makanan Indonesia yaitu banyak bumbu yang di gunakan. Nah untuk isi dari masakan mie ini dapat anda pilih sesuai selera anda, jadi bagi anda yang pecinta seafood dapat juga laoh memekan makanan khas serambi mekah ini karena pilihan dagingnya kebanyak dari hasil laut.

 mie ongklok

Kalau ada yang ingin merasakan makan mie yang berbeda, bisa mencoba nih Mie Ongklok yang berada di Wonosobo. Saat anda makan anda akan di temani sate sapi dan tempe kemul. Hehehehehe cukup unik bukan karena biasanya daginya di tabur di atas mie tapi ini malah dijadikan sate. Kalau sayurannya biasanya ada kol atau daun bawang.

mie cakalang

Nah kalau mau merasakan mie dengan khas seafood masih ada Mie Cakalang yang berasal dari Manado. Biasanya makan ini dijadikan sarapan karean di temani dengan bubur. Mie ini dimasakan dengan ikan tuna dan setelah jadi bagian atasnya di taburkan dengan abon sapi, selain tampilannya cantik pastinya rasanya juga uenak. Bagi anda yang menyukai sensasi pedas dapat menambahkan sambal khas dari lombok.

mie celor

Hmm tak lengkap rasanya jika tidak mencoba mie yang menggunakan bahan santan, nih ada loh mie yang dimasak dengan santan. Kota palembang memiliki Mie Celor yang dipadukan dengan kuahnya yang bersantan. Selain itu ada juga yang menambahnya menarik yaitu kuahnya berasalah dari udang galah, belum nikmat rasanya kalau kurang ditambahkan dengan irisan telur rebus, daun bawang, seledri dan bawang goreng.

Yummy sungguh enak bagi kita yang tinggal di Indonesia, selain memiliki keaneragaman budaya dan sukunya tapi beraneka ragam juga makanan kita ini. Jadi tenang saja bagi yang menyukai wisata kuliner kalau di Indonesia masih banyak makan enak lainnya, tapi jangan sampai kegendutan ya,,hehehehe,,ntar nggak bisa menikmati makan yang lain lagi. Selamat menikmati. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button