Culinary TourismTourism

Aneka minuman yang menyegarkan berasal dari Jawa Barat

Yoghurt-Cisangkuy

Memang enak kalau siang yang panas ini untuk menikmati yang segar-segar, sungguh hal yang menyedapkan anda. Nah ini ada beberapa minuman yang segar dan bisa anda dapatkan di Jawa Barat. Es Goyobod merupakan salah satu minuman khas Jawa Barat. Bahan dasar es ini yaitu goyobod yang terbuat dari tepung hunkwe bertekstur kenyal. Goyobod tersebut dipotong kecil-kecil lalu kemudian dicampur dengan santan, gula cair dan kelapa muda. Terkadang juga ditambahkan variasi makanan lainnya seperti potongan alpukat, kolang kaling, tapai singkong, dan lain-lain. Es ini memiliki rasa yang manis dan segar, sangat cocok diminum siang hari dan saat berbuka puasa.

Es Cendol Elizabeth terdiri dari bulir-bulir berwarna hujau yang dicampur santan dan gula merah cair yang kental. Bulir-bulir tersebut terbuat dari tepung beras yang diberi pewarna daun suji. Es Cendol Elizabeth banyak dijumpai di warung-warung maupun di pinggir jalan raya. Bahan-bahannya yang masih alami membuat kesegaran dan rasa manis es ini sangat pas. Di Jawa Tengah, Es Cendol Elizabet dikenal dengan nama Es Dawet. Es Mambo merupakan minuman beku yang terbuat dari campuran tepung maizena, susu kental manis, gula dan air. Es yang berbentuk batangan ini disajikan aneka pilihan rasa diantaranya strawberry, cokelat, anggur, dan berbagai rasa lainnya. Sebelum adanya es krim, es mambo ini sangat terkenal dan digemari anak-anak. Rasanya yang manis, enak dan segar membuat siapa saja ingin mencicipi minuman khas Jawa Barat ini.

Berbeda dengan rasa yogurt pada umumnya, Yogurt Cisangkuy mempunyai rasa yang tak terlalu asam. Jika ingin mencobanya, anda bisa mampir ke Bandung Utara, tepatnya di Jalan Cisangkuy No. 85. Di sana tersedia Es Yogurt Cisangkuy dengan 25 varian rasa berbeda. Cara penyajiannya juga dibedakan menjadi juice, non-juice dan special juice. Minuman ini sangat nikmat dinikmati pada siang hari ditengah hembusan semilir angin yang sejuk. Kedai Ling-ling terletak di Jalan Sukajadi No. 157. Di kedai itu menjual beberapa makanan Jepang seperti takoyaki dan okonomiyaki juga aneka minuman seperti dessert atau es buah, salah satunya Mango Dessert. Mango Dessert yaitu semacam es buah yang terdiri dari juice buah mangga asli dengan topping jelly aneka warna yang diletakkan dalam wadah plastik. Campuran sedikit rasa asam dan manisnya membuat Mango Dessert terasa nikmat, lembut dan segar. Harga yang bersahabat membuat minuman ini menjadi menu favorit di Kedai Ling-Ling.

Es Oyen adalah es yang paling terkenal di Jawa Barat, bahkan es ini juga banyak dijajakan di luar Pulau Jawa. Es yang telah dijual sejak tahun 1954 ini terdiri dari bermacam-macam buah-buahan, seperti jagung, alpukat, kelapa muda, pacar cina dan aneka buah lainnnya. Aneka buah tersebut lalu ditambahkan es batu dan susu kental manis. Rasanya yang segar dan manis membuat kenikmatannya tak lekang oleh waktu. Es Oyen yang sudah dijual sejak tahun 1954 awalnya dijajakan berkeliling sebelum kemudian membuka kedai di Jalan Sukajadi. Hingga kini, Es Oyen masih berlokasi di Jalan Sukajadi. Es oyen ini isinya terdiri dari berbagai macam buah-buahan yaitu alpukat, kelapa muda, pacar cina, kolang kaling, nangka yang diberi es serut dan susu kental manis. Dengan rasa manis yang pas, pantaslah bila kenikmatan Es Oyen ini tak lekang hingga puluhan waktu berlalu. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button