Healthy Life

Apa Sebenarnya Kanker Serviks Seperti yang Diderita Jupe?

Kabar tidak mengenakkan datang dari Julia Peres (Jupe) sebulan terakhir. Pelantun lagu Aku Ra Popo itu sedang berjuang melawan kanker serviks yang dikabarkan telah mencapai stadium empat. Jupe masih terus mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Apa sebenarnya kanker serviks? Merupakan penyakit kanker yang muncul pada leher rahim wanita, yaitu pintu masuk menuju rahim dari vagina. Kebanyakan, menyerang wanita yang aktif secara seksual. Di mana jenis-jenis tertentu HPV mampu menyerang sel-sel leher rahim, sehingga tidak berfungsi normal. HPV 16 dan HPV 18 merupakan jenis yang paling sering menyebabkan kanker serviks.

 

Tidak adanya gejala spesifik yang dikeluhkan penderita acapkali menyebabkan diagnosis yang terlambat. Ketika kanker sudah menyebar ke organ fisik yang lain, maka upaya penyembuhan menjadi semakin sulit.

Dunia medis yang berkembang sekarang telah menyediakan vaksin untuk kanker serviks. Berupa vaksin bivalen untuk HPV 16 dan 18; vaksin kuadrivalen untuk HPV 6, 11, 16 dan 18; atau vaksin nonavalen untuk 9 jenis HPV yaitu 4 jenis ditambah 31,33, 45, 52 dan 58.

Proses radioterapi, kemoterapi atau operasi seperti halnya penyakit kanker lain, menyebabkan komplikasi sebagai efek samping pengobatan. Oleh karena itu, deteksi dini melalui pap smear yang bertujuan untuk memeriksa kemungkinan adanya sel-sel abnormal di leher rahim menjadi sangat penting.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close