BusinessDestinationTourismTransportation

Bandara Adisutjipto Siapkan Extra Flight, Antisipasi Libur Natal & Tahun Baru

Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta menyiapkan extra flight atau tambahan jadwal penerbangan selama libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Kebijakan itu untuk memberikan pelayanan ekstra mengantisipasi terjadinya lonjakan jumlah penumpang.

“Kita buka extra flight mulai hari ini tanggal 18 (Desember 2017),” kata General Manager PT Angkasa Pura I Yogyakarta, Agus Pandu Purnama, di sela-sela pembukaan Pokso Terpadu Angkutan Udara Libur Natal dan Tahun Baru, di Bandara Adisutjipto, Senin (18/12).

Agus menjelaskan, sejauh ini tercatat empat maskapai telah mendaftar extra flight dengan lima jadwal penerbangan, yakni Sriwijaya Air rute Yogyakarta-Makassar, Lion Air rute Yogyakarta-Soekarno-Hatta (Soetta), Nam Air rute Yogyakarta-Lampung dan Yogyakarta-Pontianak, serta Air Asia rute Yogyakarta-Soetta.

“Baru ada lima yang memanfaatkan extra flight, ada yang mulai tanggal 18 ini, ada yang mulai 20 (Desember) besok. Kita masih buka pendaftaran hingga kuota extra flight terpenuhi,” jelasnya.

Agus mengaku telah menerima laporan terjadi lonjakan penumpang Bandara Adisutjipto. Pada Minggu (17/12) malam tercatat kenaikan penumpang menjadi 23.800 orang. Berdasarkan catatan Angkasa Pura I Yogyakarta, untuk hari-hari biasa di Bandara Adisutjipto terjadwal rata-rata 176 penerbangan per hari dengan jumlah penumpang total sekitar 21.000 orang.

“Puncak lonjakan penumpang Natal dan Tahun Baru kita prediksi tanggal 20 Desember 2017 dan 2 Januari 2018, lebih dari 24.000 penumpang. Naik sekitar 4-6 persen dibandingkan tahun lalu,” imbuhnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button