AccommodationCultureHeadline NewsTransportation

Basuki Pastikan Jalan Tol Salatiga Pada H-10 Lebaran Dapat Dilintasi

Menteri Pekerjaan Umum dan Peruhamahan Rakyat Basuki Hadimuljono memastikan jalan Tol Salatiga dari Bawen menuju Salatiga sepanjang 17,5 kilometer sudah dapat dilalui kendaraaan untuk mudik yang mulai dibuka pada H-10 Lebaran tahun ini. Kepastian ini didapat setelah Basuki merasakan  langsung kondisi Jalan Tol Salatiga pada hari Sabtu, 10 Juni 2017. Saat itu Bauski dan rombong mencoba melintasi Jalan Tol Salatiga.

Basuki mengatakan Pembangunan jalan bebas hambatan yang melanjutkan jalan tol Semarang-Bawen itu sudah selesai 99 persen. Marka dan petunjuk jalan di Jalan Tol Salatiga ini sudah lengkap Demikian juga beton pemisah jalur jalan dan beton pemisah tepi jalan juga sudah terpasang sepanjang jalan sehingga aman digunakan. Sebagian sisi kanan dan kiri jalan tol tersebut terdapat sejumlah jurang yang cukup dalam, namun sudah diberi pengaman dari beton

“Nanti H-10 akan dibuka dan untuk mudik dan balik tahun ini masih gratis. Ini jalan masih fungsional tapi sudah mendekati operasional,” kata Basuki.

Basuki menjelaskan Dibukanya Jalan Tol Salatiga ini juga dapat memudahkan pengendara yang ingin ke Merak maupun Surabaya pasalnya  Jalan Tol Salatiga merupakan  salah satu tol Trans Java yang bisa menghubungkan Merak hingga Surabaya. “Direncanakan akhir 2018 jalan tol Trans Java bisa selesai dan bisa mengurangi kepadatan arus lalu lintas.” Tapi, masih ada hambatan dala proyek tol Trans Java, yakni pembebasan lahan yang belum selesai di sejumlah titik.
Basuki dan rombongan sejak Sabtu, 10 Juni 2017, menempuh perjalanan dari Jakarta menggunakan mobil menelusuri jalan tol dan non-tol untuk melihat langsung kesiapan infrastruktur menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2017.

Menurut dia, target pemerintah untuk bisa mengoperasikan ruas tol tersebut sebelum Lebaran 2017 tercapai. Jalur tol Salatiga, menurut Basuki, strategis karena menjadi jalur wisata dari Jakarta dan Semarang menuju Yogyakarta, Solo, serta Jawa Timur. “Dengan adanya jalur Tol Salatiga, pemudik memiliki banyak pilihan jalan untuk mudik ke tempat tujuan masing-masing,” ucap Basuki.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button