TourismTravel

BBWS Citarum Mendukung Rencana Pelebaran Sungai di Kota Bandung

Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum mendukung rencana pelebaran sungai yang diusulkan Kepala Bidang Pemeliharaan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Tedi Setiadi  beberapa waktu lalu. Kepala Bidang Pelaksanaan Jaringan Sumber Air BBWS Citarum, Suwarno mengatakan, hal itu merupakan kebutuhan yang harus dilaksanakan.

“Kalau menurut analisa BBWS waktu itu untuk di Citepus memang harus ada pelebaran sungai. Karena sungai di Citepus itu dari belokan tempat sampah dimensinya lebar, itu 5 meter. Tapi masuk ke Jalan Pagarsihnya cuma 3,5 meter,” tutur Suwarno.

Menurut data yang dihimpun DPU, ada 27 dari 46 sungai dan anak sungai di Kota Bandung yang terbilang kritis dan perlu diberi perhatian. Sungai yang seharusnya memiliki lebar 6 meter itu kini hanya selebar 3,5 meter saja.

Suwarno menyadari bahwa pelebaran sungai bukan perkara mudah. Ia mengaku bahwa BBWS juga sudah memiliki solusi sementara untuk permasalahan ini.

“Desain dari Balai itu kita akan melebarkan sungai dengan membuat lubang di bawah Jalan Pagarsih. Jadi atasnya bisa dipakai. Digerowongin lah. Panjangnya 200 meter sampai jembatan,” jelas Suwarno.

Di sisi lain, Suwarno menilai datangnya banjir di wilayah Kota Bandung juga disebabkan adanya faktor kerusakan lingkungan di wilayah hulu. Hal itu menyebabkan kurangnya daya tangkapan air sehingga air yang turun ke hilir menjadi melimpah.

“Karena dari pengamatan balai, kita kan punya pos curah hujan, itu hujannya kecil. Kemarin cuma sekitar 50mm, banjirnya sudah luar biasa. Dan banjir itu nggak lama, prosesnya itu sejam dua jam. Setelah itu langsung surut,” ujarnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button