AccommodationTourism

Benakutai Hotel: Hotel Internasional Pertama Di Kalimantan Timur

benakutai

Hotel Benakutai terletak di lokasi strategis di pusat kota Balikpapan yang berdekatan (within walking distance) dengan Plaza Balikpapan salah satu pusat perbelanjaan, kantor-kantor pemerintah, Bank-bank Pemerintah utama, pertokoan, restoran-restoran, dan lain-lain. Memiliki area parkir yang luas, mutu pelayanan SDM yang ramah, fleksibilitas dalam segala hal serta fasilitas yang sangat memadai.

 

Adapun informasi Jarak antara Hotel Benakutai dengan tempat yang akan ditempuh sebagai berikut :

– Bandara : 20 menit

– Pusat pemerintahan kota : 15 menit

– Pusat Bisnis : 10 menit

– Pusat hiburan : 15 menit

– Wisata : 30 menit

 

Hotel Benakutai merupakan hotel internasional pertama yang berada di Kalimantan timur sekaligus hotel perintis pariwisata di Kalimantan Timur dengan aktivitasnya mengadakan tour ke Sungai Mahakam.

Benakutai berasal dari dua kata gabungan yaitu Bena yang berarti usaha bersama dan Kutai yang merupakan salah satu nama daerah di Kalimanatan Timur. Hotel yang resmi dioperasikan pada tanggal 17 Juni 1980 dengan 2 lantai, lobby dan Enggang Coffee House sementara untuk lantai lain pada saat itu masih dalam proses pembangunan diarsiteki oleh Mr. Joseph Suwardi dari Indonesia sedangkan untuk design interior yang bernuansa Kalimantan Timur dirancang oleh Mr. Jacobus Hermanus Diener.

Konsep tradisional kaltim terlihat nyata di Hotel Benakutai mulai dari hasil desain eksterior plus interior, aneka ukiran, pajangan-pajangan, dan lain-lain yang banyak menggunakan unsur kayu.

Sementara itu ketika memasuki awal tahun 2001 konsepnya berganti dengan investasi pohon jati yaitu dimana dari harga kamar yang dikenakan pada para tamu sebagian tertentu disisihkan bagi pengadaan dan pemeliharaan pohon jati. Setiap tamu juga mendapatkan sertifikat kepemilikan pohon berjangka waktu 10 (sepuluh) tahun dimana pohon yang bersangkutan telah siap tebang dan sepenuhnya menjadi milik tamu yang bersangkutan.

 

KEPEMILIKAN :

Merupakan joint venture antara pengusaha Malaysia dan pengusaha Indonesia (Kalimantan Timur ) dalam rangka PMA akan tetapi sejak tahun 1992 semua saham telah diambil alih oleh Bapak H. Adji Rustam Effendi dari Kutai – Kalimantan Timur.

Dengan wafatnya beliau pada September 2005 yang lalu dewan direksi dialihkan kepada Bapak Adji Indradjaja selaku Komisaris PT Bena Kutai dan Bapak H. Adji Aria Widjaja, President Direktur PT Bena Kutai.

 

KLASIFIKASI BINTANG :

Sesuai dengan SK. Menteri Pariwisata dan Telekomunikasi pada 23 September 1988 No. KM 94/HK.103/MPPT-87, Hotel Benakutai diklasifikasikan sebagai Hotel Bintang 4 (empat).

 

JENIS TAMU YANG MENGINAP :

Sebagian besar tamu yang menginap di Hotel Benakutai adalah dari kalangan pelaku bisnis, sehingga Hotel Benakutai diklasifikasikan sebagai “Business Hotel”.

Ditengah persaingan yang semakin ketat dengan munculnya hotel-hotel baru dari bermacam-macam kategori, dengan “Attentive and personalized service” mempertahankan citra “traditional elegant” Hotel Benakutai yang 100 % dikelola sendiri oleh pemilik putera daerah Kaltim sempat melakukan renovasi kamar-kamar, outlet fasilitas-fasilitas umum (lobby, ruang-ruang rapat, toilet, dan lain-lain) sehingga para tamu menjadi lebih puas dan nyaman. Hal itu berdampak pada tingkat hunian yang rata-rata adalah 50%.

Selain itu Manajemen Hotel Benakutai tetap akan menerapkan kiat-kiat atau strategi baru, menyikapi persaingan saat ini dan masa mendatang dengan konsep-konsep khusus menyangkut pemberlakuan tarip + pemberian fasilitas agar tetap dapat eksis.

 

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button