Culinary TourismTourism

Berbagai olahan nasi dari Nusantara

nasi kuning

Bukan Indonesia namanaya kalau tidka memiliki banyak makanan dan salah satunya nasi. Nasi yang merupakan makanan pokok bagi orang Indonesia ini memiliki beraneka ragam olahan dari yang berwarna putih sampai yang berwarna kuning. Nah ini ada beberapa informasi aneka kuliner yang berbahan dasar nasi. Nasi gandul yaitu makanan sejenis nasi pindang hanya saja dalam penyajianya dipakai daun pisang untuk alasnya. Nasi gandul adalah makanan khas Pati, Jawa Tengah, Indonesia.

Nasi gandul bisa disajikan dengan lauk pauk yang berbeda. Bisa bergedel, tempe, lidah sapi, usus sapi, daging sapi, paru sapi, hati sapi, dll, kemudian diberi tambahan bumbu kecap manis-pedas. Kadar yang cukup tinggi dari lemak yang ada di “jeroan” atau “bagian dalam perut sapi” memberikan rasa yang lezat namun berkolesterol tinggi.

Nasi kuning adalah makanan khas Indonesia. Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah. Dengan ditambahkannya bumbu-bumbu dan santan, nasi kuning memiliki rasa yang lebih gurih daripada nasi putih. Nasi kuning adalah salah satu variasi dari nasi putih yang sering digunakan sebagai tumpeng. Nasi kuning biasa disajikan dengan bermacam lauk-pauk khas Indonesia. Nasi kebuli adalah hidangan nasi berbumbu yang bercitarasa gurih yang ditemukan di Indonesia.

Nasi ini dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin, disajikan dengan daging kambing goreng dan kadang ditaburi dengan irisan kurma atau kismis. Hidangan ini populer di kalangan warga Betawi di Jakarta dan warga keturunan Arab di Indonesia. Nasi kebuli menunjukan pengaruh budaya Arab Timur Tengah dan India Muslim, tepatnya tradisi Arab Yaman.

Nasi minyak adalah makanan khas Jambi berupa beras yang dimasak dengan susu, saos tomat, minyak samin dan rempah-rempah seperti jahe, jintan manis, jintan putih, kayu manis dan cengkih. Dari penampilannya, sekilas nasi minyak ini mirip dengan nasi kuning. Nasi minyak ini juga banyak dipengaruhi oleh kuliner Arab. Nasi minyak menjadi hidangan wajib di acara-acara seperti pesta pernikahan dan syukuran.

Nasi minyak paling sedap bila disantap bersama kari sapi atau ayam. Acar timun, sambal nanas, kerupuk udang, dan taburan bawang goreng akan melengkapi kelezatan nasi minyak. Nasi kapau adalah nasi rames khas Sumatra Barat. Nasi kapau ini terdiri dari nasi, sambal, lauk-pauk khas Kapau, dan berbagai macam gulai, antara lain: gulai sayur nangka (cubadak), gulai tunjang (urat kaki kerbau atau sapi), gulai cangcang (tulang dan daging kerbau), gulai babek (babat) atau paruik kabau.

Gulai nangkanya tidak terlalu banyak menggunakan santan dan juga tidak terlalu kental. Gulainya dicampur dengan kacang panjang, kol, rebung, pakis, dan jengkol. Sementara lauk-pauk nasi kapau antara lain seperti ayam panggang, teri balado, tongkol balado, dendeng balado, goreng belut, ayam goreng hijau gulai ayam, rendang ayam, rendang daging, dan sambal lado hijau. Nasi kapau ini menggunakan beras bermutu tinggi dari Bukittinggi dan Agam. Kolo adalah nasi bakar atau nasi bambu khas Manggarai. Beras, air. dan bumbu masakan dimasukkan ke dalam batang bambu muda yang panjangnya sekitar 30 cm.

Setelah itu, bagian ujung bambu lalu ditutup dengan daun pisang dan dibakar selama sekitar 30 menit hingga nasi matang. Kolo sering disajikan dalam pesta adat atau pesta syukuran panen. Nasi grombyang merupakan makanan khas Pemalang, Jawa Tengah. Nasi grombyang adalah sejenis nasi campur yang menggunakan kuah. Dinamakan nasi grombyang karena dalam penyajiannya, lebih banyak kuahnya daripada isinya sehingga isinya kelihatan bergoyang-goyang. Dalam bahasa Jawa, grombyang artinya bergoyang-goyang. Nasi grombyang ini disajikan dengan irisan daging kerbau, jeroan dan kuah, plus sate kerbau. Tekstur daging kerbau sedikit lebih kasar dan berserat dibandingkan daging sapi, namun masih cukup empuk untuk disantap. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button