BusinessEconomic

Beri Dukungan, Menteri Teten Berharap IFFINA 2024 Dapat Bangun Kemitraan Erat Antara Pelaku Usaha Furnitur dan Mitra Dunia

Kementerian Koperasi & UKM (Kemenkop UKM) menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan IFFINA – Indonesia Meubel & Design Expo 2024 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Industri Permebelan & Kerajinan Indonesia (ASMINDO) pada 14-17 September mendatang di indonesia Convention Exhibition (ICE) – BSD, Tangerang. Hal tersebut disampaikan langsung Menteri Koperasi & UKM, Teten Masduki  saat acara   Furniture Industry Gathering by IFFINA di Gedung Kementerian Koperasi & UKM, Jakarta, Rabu (22/05/2024).

Acara ini dihadiri, Ketua Umum ASMINDO Dedy Rochimat; Sekjen Asmindo Prof. Agustinus Purna Irawan, Waketum Asmindo Bid Bahan Baku; Hari Basuki, Deputi Bidang UKM kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman;  Waketum Bidang Asosiasi dan Himpunan Kadin Indonesia Wisnu Pettalolo; Direktur Komersial dan SME BCA John Kosasih; Wakil Ketua OC IFFINA 2024,perwakilan  Komda dan mitra ASMINDO.

Teten menegaskan pentingnya sektor furnitur dalam perekonomian Indonesia. Menurutnya, sektor ini telah menjadi pilar utama yang berkontribusi signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja dan pertumbuhan usaha.

“Kita tahu sektor furnitur telah menjadi pilar penting dalam ekonomi kita. Penyerapan tenaga kerja di sektor ini mencapai 143 ribu orang, dan lebih dari 1.114 unit usaha yang beroperasi. Angka ini cukup besar,” kata Teten.

Lebih lanjut, Teten memaparkan data industri furnitur Indonesia selama lima tahun terakhir, dari 2018 hingga 2022. Industri ini menunjukkan peningkatan ekspor yang konsisten, dengan nilai ekspor mencapai 2,9 miliar dolar AS pada tahun 2022, naik dari 2,8 miliar dolar AS pada tahun sebelumnya. “Kenaikan ini menunjukkan momentum yang positif menuju target pemerintah sebesar 5 miliar dolar AS pada tahun 2024,” ujarnya.

Meski menghadapi tantangan ekonomi domestik dan global pada tahun ini, Teten mendorong para pelaku industri untuk tetap semangat. Teten menjelaskan pemerintah terus berupaya menciptakan ekosistem usaha yang kondusif.

“Pemerintah juga menyediakan market intelligence yang terintegrasi serta akses informasi satu pintu untuk aggregator ekspor dan pembiayaan serta dukungan lainnya,” jelas Teten.

Di akhir sambutannya, Teten berharap   pameran ini dapat membangun kemitraan yang lebih erat antara pelaku usaha furnitur Indonesia dengan mitra internasional. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang mendorong kemitraan global untuk memperkuat industri furnitur lokal.

“Kita dukung bersama pelaksanaan IFFINA – Indonesia Meubel & Design Expo 2024. Saya harap kegiatan ini dapat membentuk kemitraan strategis yang lebih kokoh, efisiensi rantai pasok yang lebih baik, dan peningkatan pemanfaatan produk-produk lokal. Semuanya akan berkontribusi membangun pondasi ekonomi nasional,” ucap Teten.

Ketua Umum ASMINDO Dedy Rochimat mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Menteri Koperasi & UKM bersama jajaranya terhadap penyelenggaraan IFFINA – Indonesia Meubel & Design Expo 2024.  Dengan dukungan dari Kementerian, Dedy optimis  IFFINA 2024 dapat melebihi kesuksesan IFFINA 2023

“Tahun lalu kita telah melaksanakan IFFINA dengan sukses dan dibuka secara langsung oleh Bapak Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo. IFFINA 2023 diikuti oleh 300 perusahaan dan menarik lebih dari 10.000 pengunjung dari 41 negara,” ujarnya.

“IFFINA 2024 menargetkan peningkatan transaksi dan jumlah peserta yang lebih banyak. Kami berharap jumlah transaksi dan peserta bisa meningkat hingga 50%,” tambahnya.

Dedy menyampaikan, bahwa hadirnya IFFINA  sebagai pioneer penyelenggaraan pameran mebel dan kerajinan di circle kedua, diharapkan mampu menjadi pendorong bagi negara-negara anggota ASEAN lainnya  untuk mengikuti langkah ASMINDO dengan menyelenggarakan pameran  internasional serupa, sehingga dapat meningkatkan tumbuhnya ekosistem yang  kondusif pada circle kedua di kawasan Asia Tenggara

Dedy menjelaskan, untuk tahun ini, IFFINA mengusung tema “Sustainable by Design” sebagai bentuk kepedulian ASMINDO dan industri furnitur Indonesia terhadap keberlanjutan. Dengan semangat keberlanjutan dan dukungan dari semua pihak, ASMINDO optimis bahwa IFFINA 2024 akan menjadi platform penting bagi industri furnitur Indonesia untuk terus berkembang dan bersaing di pasar global.

“Mari kita bersama-sama bersinergi berkolaborasi dan saling mendukung dalam pengembangan industri furniture dan kerajinan a agar dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan menjadi produk ekspor unggulan dari Indonesia dan mancanegara. Kita bisa jika kita bekerja dengan sungguh-sungguh, kita bisa jika bersama-sama berusaha dan kita bisa jika Tuhan menyertai kita,” tutup Dedy

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button