Headline News

Berikan Penghargaan Kepada Pemenang Lomba Rayakan Kemerdekaan, Wishnutama Apresiasi Karya Finalis

Setelah dilakukan proses kurasi oleh tim kurator,akhirnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Barekraf) mengumumkan dan memberikan penghargaan kepada pemenang Lomba Rayakan Kemerdekaan dengan tema “Cinta Indonesia. Lomba ini digelar Kemenparekraf dalam rangka perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan RI.

Acara pengumuman dan pemberian penghargaan dilangsungkan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf secara virtual dan dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kepala Barekraf), Wishnutama Kusubandio, Wakil Menparekraf Angela Tanoesoedibjo,  Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Rosarita Niken Widiastuti, sejumlah pejabat di lingkungan Kemenparekraf dan Kementerian/Lembaga terkait,  para dewan juri kehormatan serta  finalis dari tempat yang berbeda, Selasa (15/9/2020).

Acara diawali dengan laporan dari Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Hari Santosa Sungkari. Hari menjelaskan,  ada 6 karya video yang berhasil keluar sebagai pemenang. Ke-enam peserta tersebut harus melewati berbagai tahapan sebelum diumumkan sebagai pemenang. Sebelumnya, mereka harus melewati proses kurasi.

Total ada .192 perwakilan peserta dari 33 Provinsi di Indonesia yang  ikut mendaftar melalui www.hutri75.kemenparekraf.go.id. Kemudian dari jumlah tersebut, ada 813 peserta yang telah  mengunggah video dan menjalani proses kurasi yang dilakukan oleh tim kurator.

“Dalam proses kurasi, tim kurator melakukan penilaian berdasarkan kelengkapan data dukung administrasi dan juga kriteria. Kriteria-kriteria yang dinilai yakni dari unsur Cinta Indonesia, PenerapanProtokolKesehatan, Semangat Gotong Royong dan Kebersamaan, Ide dan KreativitasKarya, serta Estetika dan Nilai Seni,” kata Hari.

Setelah proses penilaian rampung, dihasilkan 102 karya video dan jumlah tersebut dikerucutkan lagi melalui proses penilaian kembali. Pada tanggal 1-2 September 2020 diumumkan penilaian terhadap 102 karya video dan hasilnya ada 26 karya video terdiri dari 20 finalis karya video dan 6 karya video yang direkomendasikan kepada Dewan Juri Kehormatan untu dinilai dan ditetapkan urutan rangkingnya.

Kemudian, pada tanggal 6 September telah ditetapkan juara favorit dari hasil likes di Youtube dan tanggal 7 September telah di umumkan di website 26 finalis karya video.

Wishnutama mengucapkan selamat kepada para pemenang dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para finalis yang telah menciptakan karya terbaik  dengan penuh kreativitas.

“Sekali lagi saya mewakili Bapak Presiden, mengucapkan selamat kepada 20 finalis yang lainnya. Apresiasi yang tinggi saya sampaikan kepada pemenang yang telah membuat karya terbaiknya, ada yang lucu, ada yang menyentuh dan ada juga yang membangkitkan semangat,” kata Wishnutama dalam sambutannya.

Wishnutama mengatakan karya-karya yang luar biasa seperti ini,  yang saat ini dibutuhkan Indonesia  di tengah pandemi Covid-19. Kreativitas dan Inovasi harus dapat dikobarkan meski bencana kesehatan sedang melanda negeri ini

“Menurut saya karya-karya finalis ini sangat luar biasa dan sangat kreatif, walaupun saat ini kita sedang berada di situasi pandemi yang penuh dengan keterbatasan kita tetap mampu dapat bekreasi dengan luar biasa hasil dan inilah yang dibutuhkan Indonesia ke depan dan saat ini juga tetap mampu kreatif, mampu inovatif di saat pandemi seperti sekarang ini,” ujar Wishnutama.

Wishnutama menilai,  rasa khidmat yang ditunjukan masyarakat tidak berkurang sedikit pun dalam merayakan kemerdekaan dan rasa cinta terhadap bangsa Indonesia.

“Hal tersebut dapat dilihat dalam video-video karya peserta saat moment peringatan dengan sikap sempurna ketika lagu Indonesia Raya dikumandangkan. Tidak lupa juga saya sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk seluruh peserta yang telah menggugah karyanya dengan luar biasa. Sekali lagi saya ucapkan semangat dan selamat,” tutup Wishnutama

Berikut ini, nama 6  pemenang Lomba Rayakan Kemerdekaan  berdasarakan penilaian dewan juri kehormatan:

JUARA JUDUL KARYA NAMA KELOMPOK PROVINSI KABUPATEN/

KOTA

1 PERJUANGAN DAN HARAPAN MENUJU INDONESIA MAJU TIM SUPER MARINES 1 JAWA TIMUR KOTA SURABAYA
2 TERBANG TINGGI

UNTUK INDONESIA

FIKRI ASHSIDDIQI KALIMANTAN SELATAN KOTA BANJARMASIN
3 SEMANGAT CINTA INDONESIA DARI PEDALAMANKALIMANTAN BERSINAR DESAKU KALIMANTAN TIMUR KABUPATEN KUTAI

KARTANEGARA

HARAPAN 1 DARI PEREMPUAN RAJA AMPAT UNTUK INDONESIA MORA

(MOLO OMBIN RAJA AMPAT)

PAPUA BARAT KABUPATEN

RAJA AMPAT

HARAPAN 2 SEMANGAT AGUSTUSAN KAMPUNG TINJON YOGYAKARTA KONTJO LAWAS PROJECT DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA KABUPATEN

SLEMAN

HARAPAN 3 KAMI CINTA INDONESIA SMP IL KAPTEN FATUBAA NUSA TENGGARA TIMUR KABUPATEN

BELU

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close