DestinationTourism

Betapa cantiknya alam di Jayapura dan salah satunya Danau Sentani

Wisata-danau-sentani-terletak-di-pulau-apa

Jika anda mengunjungi Papua anda pasti akan mengingat yang namaya Raja Ampat, tapi perlu adna ketahui kalau di alam papua tidak hanya Raja Ampat yang menarik untuk di kunjungi tapi masih ada juga wisata alam yang masih bisa anda kunjungi yaitu Danau Sentani. Danau ini terbentang luas antara kota jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Luas danau ini kurang lebih 9.360 hektar dan berada pada ketenggian 75 di atas permukaan laut sehingga danau ini menjadi danau terbesar yang ada di pulau Papua. Tidak hanya danau yang luas, namun keistimewaan danau ini adalah terdapat pulau-pulau kecil yang indah yang berada ditengah-tengah danau. Ada 21 buah pulau kecil yang menghiasi danau ini sehingga danau ini semakin terlihat eksotis dan sangat istimewa.

Danau sentani berjarak kurang lebih 50km dari Jayapura namun tetap mudah di jangkau. Dan untuk menjamu para wisatawan, di danau ini juga telah disediakan perahu yang dapat membawa wisatawan untuk mengelilingi danau sentani. Sehingga para wisatawan dapat menikmati indahanya danau Sentani juga menikmati tatanan pulau-pulau kecil yang sangat indah. Keheningan dan air yang tenang menjadikan Anda dapat merasakan ketenangan dalam jiwa setelah merasakan lelah bekerja atau lelah akan rutinitas Anda. Dan Anda juga dapat menikmati pegunungan Cyclops yang berada dibelakang danau Sentani.

Selain memiliki keindahan berupa perairan biru dan bukit hijau serta dihiasi oleh pulau-pulau kecil, yang menarik dari Danau Sentani yaitu dihuni oleh hewan-hewan endemik khas Papua dan memiliki keanekaragaman biota laut. Salah satu hewan endemik yang tercatat mendiami danau ini adalah hiu gergaji atau yang dikenal juga hiu sentani karena hiu tersebut hanya berada di Danau Sentani. Selain itu, juga terdapat ikan gabus sentani, ikan pelangi, dan masih ada 30 spesies ikan tawar lagi. Sayangnya, keberadaan ikan gabus sentani sekarang sudah semakin menyusut. Masyarakat Papua jika memiliki festival atau acara juga akan melakukan acara tersebut di Danau Sentani, selama ini. Biasanya mereka akan merayakan suatu festival pada danau ini pada setiap juni pada setiap tahunnya.

Acara yang dilakukan biasanya adalah berupa tari-tarian yang diadakan di atas kapal, upacara adat, tarian khas dari Papua, dan wisata kuliner. Untuk menuju ke danau ini, wisatawan memerlukan jarak kurang lebih sekitar 50 km dari Jayapura. Tapi ada juga perahu yang bisa digunakan wisatawan untuk menikmati keindahan danau tersebut. Saat berada di lokasi pasti suasana yang tenang, damai dan hening bisa didapatkan. Jadi dengan begitu pikiran dan hati anda nantinya juga bisa lebih mudah lagi.

Melalui Danau Sentani, pemandangan pegunungan Cyclops juga bisa dinikmati dengan mudah karena letaknya yang memang berada tepat dibelakang danau ini. Jika anda mengunjungi tempat wisata ini, tentunya tidak akan terasa lengkap jika anda tidak membeli oleh-oleh atau cinderamata khas dari Papua. Jadi anda bisa mengunjungi Pasar Hamadi. Pada pasar ini terdapat banyak benda-benda seni yang khas Papua. Selain anda bisa mengunjungi Pasar Hamadi, anda juga bisa mengunjungi Pasar Asei dimana terdapat banyak sekali kain, kayu dan kulit yang bermotif indah dengan seni yang tinggi.

Selayaknya daerah yang menjadi tujuan wisatawan untuk menikmati keindahannya. Di Danau Sentani juga terdapat Restoran siap saji. Harga sangat relatif murah, dari beberapa warung yang paling sering dikunjungi wisatawan adalah Restoran Yougwa. Ditempat ini selain makan siang, Anda juga bisa melihat lihat atau membeli barang kerajinan unik hasil kreasi tangan seniman setempat. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button