DestinationHeadline NewsSportsTourism

Bidik Wisman Pecinta Diving, Kemenpar Tebar Pesona di DEMA Show Orlando

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) makin agresif mempromosikan wisata diving Indonesia ke dunia internasional. Kali ini, Kemenpar akan ambil bagian dalam The Diving Equipment and Marketing Association (DEMA) Show di Orlando, Amerika Serikat (AS), 1-4 November 2017.

DEMA Show menjadi event tepat untuk menggaungkan pamor destinasi selam Indonesia ke tingkat global. Pasalnya, DEMA Show merupakan pameran internasional tahunan untuk industri selam, olahraga air, dan industri perjalanan.

Tempatnya mencapai 3.400 meter per segi. Mall ini juga lokasinya strategis, terhubung oleh 5 jalan tol, populasi pengguna sekitar 740.000, dan lebih dari 10 sekolah internasional dan institusi pendidikan, serta terdapat lebih dari 30.000 usaha di sekitar mall dalam radius 5 km.

Kata Pitana, kegiatan ini merupakan bentuk promosi sekaligus upaya meningkatkan branding Wonderful Indonesia di Malaysia. “Mempromosikan destinasi Indonesia sesuai target dengan coverage penerbangan AirAsia, terutama di originasi Malaysia,” ujar Pitana yang juga diamini Asdep Pengembangan Pemasaran ASEAN, Rizki Handayani.

Profesor Pitana menambahkan, pengunjung nantinya akan diberikan informasi terkait berbagai destinasi di Indonesia. Dalam ajang promosi ini pula, pengunjung akan disuguhkan berbagai kesenian Indonesia. Seperti tari rampak gendang, tari bajidor kahot, tari ronggeng nyentrik, tari genjring party serta live music tradisional tehyan. “Juga akan ada kegiatan-kegiatan menarik yang menjadi gimmick seperti prize wheel serta photo booth dengan hadiah-hadiah menarik,” kata Pitana.

Rizki menambahkan, selain ajang promosi, dalam travel fair ini tentunya juga akan dijual paket perjalanan ke berbagai destinasi di Indonesia yang melibatkan sejumlah travel agent dengan harga-harga menarik dengan potongan harga hingga 50 persen dari AirAsia. “Sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjunngan wisatawan mancanegara di originasi Malaysia melalui penjualan tiket AirAsia dan paket wisata,” ujar Rizki.

Rizki juga menyebutkan, Wonderful Indonesia Travel Fair 2017 with AirAsia merupakan bagian dari rangkaian kegiatan promosi bersama antara Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dengan maskapai AirAsia. “Selain di Malaysia, kerja sama ini juga dilakukan di negara pasar Singapura,” ujarnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik akan terselenggaranya Wonderful Indonesia Travel Fair 2017 with AirAsia Tahap II sebagai bagian dari mempromosikan pariwisata Tanah Air ke publik Malaysia. Menpar mengatakan, Wonderful Indonesia Travel Fair 2017 with AirAsia merupakan momentum potensial untuk dapat menjaring wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia.

Pada tahun ini, Kemenpar menargetkan mampu menjaring wisatawan mancanegara (wisman) Malaysia sebesar 1.772.000 orang, dimana tahun 2016 sebanyak 1.225.458. “Malaysia adalah pasar potensial bagi pariwisata Indonesia. Selain dekat secara geografis, Malaysia juga dekat secara budaya. Sama-sama rumpun Melayu,” kata Menpar Arief Yahya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button