Lifestyle

Bingung mengatasi anak hiperaktif ?

Hyperaktiv vs aktif

Bukan anak-anaknya namanya jika tidak bermain lari sana lari sini, teriak sana teriak sini. Itulah kehidupan anak yang penuh wana dan keceriaan, tapi gimana ya kalau anak anda itu sangat aktif atau bisa juga disebut dengan hiperaktif. Pasti anda akan kesulitan dalam mengurus anak dengan tingkat keaktifan lebih tinggi dari pada anak pada umumnya. Terus apa ayng akan anda lakukan, memarahkan, menghukum atau dibiarkan saja ?. Bagi anda para orang tua lebih baik jangan sembarangan dalam mengurus anak anda apa lagi untuk anak yang hiperkatif. Anak hiperaktif meungkin terlihat seperti anak yang nakal dan susah untuk diatur sehingga tidak jarang anak-anak yang hiperaktif melekat dengan hal yang negatif, tapi sebenarnya anak hiperaktif itu merupakan anak yang memiliki kreativitas dan kecerdasan yang diatas rata-rata.

Sebenarnya dalam mendidik seseorang anak itu lebih enak mendidik anak yang hiperaktif dari pada anak yang biasa apalagi anak yang berkaraketer pendiam. Anak yang hiperkatif lebih mudah dididik karena anak ini memiliki sifat yang terbuka dan selalu ekspresif sehingga kita akan dengan mudah mengetahui apa yang diinginkan si anak. Tapi tidak semua orang tua mengetahui akan prilaku anak tersebut malah merasa terganggu dengan apa yang dilakukan si anak, sebenarnya itulah salah satu cara anak untuk mendapatkan perhatian dari orang tuanya. Nah dari pada anda pusnig-pusing dengan prilaku anak hiperaktif kenapa anda tidak mengarahkannya saja ke arah yang positif saja. Ini ada beebrapa cara untuk mendidik anak anda yang hiperaktif.

Ketika anak anda sedang menangis atau marah, hal yang perlu anada lakukan adalah menenangkannya bukan dengan cara memarahkannya. Cara menenangkannya dapat dilakukan dengan cara menarik dan menghembuskan nafas secara teratur, sebenarnya cara itu juga yang anda biasanya lakukan ketika anda sedang emosi. Kalau masih belum mampu menghentikan kesedihan si anak anda dapat membawanya mandi atau dapat memberikan apa yang disenanginya. Pelukan dan pijatan juga ampuh dalam menenangkan si kecil karena akan memberikan perasaan yang hangat serta aman, apakah anda pernah melihat bayi yang tidur dengan nyenyak di pelukan ayah maupun ibunya itulah yang dapat anda lakukan juga terhadap si anak.

Salah satu cara juga dalam mengurus anak yang hiperaktif adalah menyalurkan keafktifannya dengan memberikan kegiatan yang mermanfaat atau anda dapat juga memasukkannya ke dalam beberapa klub maupun kursus yang berhubungan dengan hobi. Jika anak anda suka bergerak kenapa tidak memasukkan anak anda ke klub olahraga, kalau anak anda suka seni kenapa tidak dimasukkan ke sanggar saja. Anda harus jeli dalam dalam melihat potensi yang ada bagi anak, karena kalaua kita tidak jeli maka akan membuat si anak tidak nyaman dan meyebabkan si anak memeberontak.

Anak yang hiperaktif akan sangat susah untuk menyuruhnya diam baik itu pada saat makan, jadi salah satu caranya dapat dilakukan dengan memberikan apa yang disenanginya atau memebrikan imbalan jika dia bisa duduk diam. Tapi anda juga harus mampu dalam mengatasi emosi anda, tidak jarang anda akan termakan emosi ketika mengurus anak yang tidak mampu untuk diam. Anda dapat melakukannya dengan sikap yang tegas tapi tidak bertindak kasar terhadap si anak. Kalau anda bertindak kasar anda malah akan membuat si anak menjadi frustasi dan itu membuat mental si anak akan mejadi parah, karena sebenarnya anak hiperaktif itu membutuhkan perhatian yang khusus. Anak hiperaktif sebenarnya hanya mau dimengerti dengan apa yang dia inginkan namun dengan cara yang berbeda. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button