Pageants

Biogas for a Better Life!

Pada kunjungan kami para finalis Miss Earth Indonesia 2016 ke Taman Safari Indonesia hari Rabu, 28 Juli 2016 ini lebih menarik dibanding kunjungan-kungjungan kami sebelumnya ke Taman Safari Indonesia. Karena pada hari ini kami tidak hanya melihat berbagai macam satwa namun juga diberi pembekalan materi tentang lingkungan dan konservasi alam juga diajak melihat langsung bagaimana proses pembuatan biogas juga pemanfaatan biogas itu sendiri. Biogas merupakan salah satu jenis energi alternatif yang terbilang baru, dan masih dikembangkan bagi kebutuhan pemenuhan energi dunia, termasuk salah satunya adalah Indonesia.  Biogas adalah gas yang dihasilkan sebagai produk sampingan fermentasi anaerobik atau gasifikasi.

Di Taman Safari Indonesia sendiri, bahan yang digunakan untuk membuat biogas berasal dari kotoran gajah yang diolah dan pada akhirnya dapat menghasilkan gas pengganti gas LPG . Proses pembuatan biogas pada umumnya sangatlah mudah, dimulai dari pengumpulan kotoran gajah pada mixer dan lalu diaduk hingga tidak menggumpal, lalu disimpan dalam tempat penyimpanan berupa tangki penyimpanan yang tidak berventilasi yang berada didalam tanah atau biasa disebut digester. Digester yang digunakan di Taman Safari Indonesia merupakan digester dengan kapasitas 12 kubik yang mampu menampung sebanyak 90kg kotoran gajah. Setelah proses penyimpanan dan pengubahan menjadi gas dalam digester maka selanjutnya gas tersebut dialirkan melalui pipa-pipa yang gersambung langsung ke kompor khusus biogas.

Proses pembuatan biogas ini dilakukan setiap hari karena prosesnya yang memang sangat singkat. Dalam sekali pembuatan biogas yang berasal dari 90 kg kotoran gajah dapat menghasilkan biogas yang bisa digunakan selama 7 jam. Banyak manfaat dari biogas antara lain adalah dimanfaatkan untuk mencegah metana mencapai atmosfer yang bisa berpengaruh pada kerusakan lingkungan, menggantikan gas LPG, juga bila dalam jumlah banyak biogas dapat menjadi sumber listrik.  Sungguh banyak manfaat yang didapat dari pengolahan biogas ini dan apabila kita bisa memproduksi biogas dalam jumlah banyak dan mengganti gas LPG dengan biogas, lingkungan hidup kita pun pasti akan menjadi lebih baik, dan apabila lingkungan hidup kita menjadi lebih baik tentu saja kualitas hidup kita pun semakin baik. Lagi-lagi kotoran gajah menyelamatkan bumi kita tercinta ini,  ternyata kotoran gajah dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat tidak hanya bernilai ekonomis melainkan juga memiliki nilai lingkungan.

 

Penulis: . ADISTIA YULIANTI/ Finalis no.10

adistiayulianti.com

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button