PageantsTourism

Taman Safariku yang Indah

Pada Rabu, 27 Juli 2016,kita ada kunjungan ke Taman safari ,dimana adalah tempat wisata keluarga berwawasan lingkungan yang berorientasi pada habitat satwa di Alam bebas .Pengunjung dapat Memberi makan hewan dengan wortel.

Keunikan tempat wisata ini dari kebun binatang lainnya adalah pengunjungnya bisa berkeliling ke berbagai tempat untuk bisa melihat dari dekat semua jenis binatang dengan memakai mobil pribadi ataupun naik bus yang sudah disediakan pihak pengelola Taman Safari.

Aneka hewan liar maupun yang menggemaskan baik dari dalam dan luar negeri bisa dijumpai di sini.
Di Taman Safari, wisatawan bisa bertemu langsung dengan aneka hewan dan kenal lebih dekat dengan mereka

Taman Safari fungsinya konservasi, edukasi, resort,dan rekreasi.
hewan di TSI memang tak hanya endemik Indonesia saja. Tapi ada juga yang didatangkan dari negara asalnya, seperti harimau Benggala serta nilgai dari India, tatungga Afrika, bison Eropa dan lain sebagainya

Hewan pertama yang kami jumpai adalah satwa endemik Indonesia yaitu gajah Sumatera. Kemudian ada kuda nil, unta berpunuk dua watusi, zebra. Di sini memang satwa tidak di dalam kerangkeng tapi dibiarkan bebas, jadi beberapa ada yang mendekat dan seperti berinteraksi ke mobil pengunjung.

Setelah itu masih banyak lagi satwa yang tampak terawat sekali di sini, seperti puma, harimau Sumatera yang kawasannya didesain seperti kawasan hutan dengan rumah-rumah penduduk Sumatera, singa, jerapah, badak putih, beruang madu, berang-berang, hingga burung hantu yang siang hari di sangkarnya

Di taman safari sendiri ada juga tempat pengolahan pupuk dan kertas bahan ramah lingkungan yang di olah agar dapat bermaanfaat ,tahukah anda bahwa kertas tersebut terbuat Dari kotoran gajah ?? Saya akan memaparkan bagaimana proses pengolahan kertas tersebut hingga dapat di daur ulang menjadi kertas.

Yang pertama kotoran gajah di cuci tiga Kali Lalu di blender. Setelah itu di rebus menggunakan kompor biogas selama satu jam, Lalu di bibiskan selama 10 menit.setelah itu di jemur Lalu di giling,dan di Jadi kan bubur serat.setelah itu di campurkan dengan air dan kertas bekas sambil di aduk hingga rata.setelah itu memasuki proses pencetakan Lalu di jemur selama tiga jam .setelah kering tinggal di panen. Dan setelah itu kertas Sudah bisa digunakan .

Dalam proses pengolahan kotoran gajah tersebut dinamakan proses recycle,sementara untuk refuse kita bisa mengurangi penggunaan energi seperti energi listrik. Dan untuk reuse kita bisa mengolah plastik yang diasingkan dan dapat dibuat menjadi produk kembali seperti hiasan. Dan yang terkahir adalah rethink ,yaitu kesadaran diri sendiri untuk bijak dalam peduli lingkungan

Taman safari telah menanam 6 juta pohon dan melakukan waste management seperti recycling dan Andil dalam melestarikan lingkungan .

Karena Alam di Indonesia patut kita hargai seperti intan.keragaman ekosistem di indonesia yang unik dan bermacam macam hutan di indonesia menggambarkan bahwa indonesia kaya akan Alam dan juga mempunyai ragam Pulau terbanyak di Dunia.

Mahatma gandy pun berkata,bahwa kebesaran Suatu bangsa terukur,Dari bagaimana mereka memperlakukan satwanya,ini lah mengapa Taman safari indonesia berkontribusi dalam menjaga kekayaan satwa indonesia, beserta proses pelestarian Alam dan penghijauan,karena kita ingin indonesia dikenal sebagai bangsa yang kuat ,kokoh dan Mandiri dalam membangun bangsanya dengan lingkungan yang indah.

Penulis: SYAFIRA INDAH TRIANJANI/ Finalis no.7

syafiraindah.com

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button