Lifestyle

Buah Carica dan manfaatnya

buah carica

Tanaman pepaya gunung atau biasanya disebut dengan Buah Carica merupakan pohon kecil atau perdu yang tidak berkayu, mirip dengan pepaya biasa (Carica papaya L.) tetapi mempunyai cabang yang lebih banyak dan ukuran semua bagian tanaman lebih kecil. Tinggi rata-rata adalah 1-2 meter, bunga jantan memiliki tangkai yang panjang hingga 15 cm dan bunga betina berukuran lebih besar dengan tangkai yang keras dan pendek. Buah pepaya gunung berbentuk bulat telur dengan ukuran panjang 6-10 cm dan diameter 3-4 cm. Buah matang berbentuk telur sungsang dengan ukuran 6-15 cm x 3-8 cm, dagingnya keras, berwarna kuning-jingga, rasanya agak asam tetapi harum, di sekeliling rongganya terdapat banyak sekali biji yang terbungkus oleh sarkotesta yang putih dan berair. Buah yang belum matang memiliki kulit yang berwarna hijau gelap dan akan berubah menjadi kuning setelah matang. Biji buah berwarna hitam dengan jumlah yang banyak dan padat. Buahnya mengandung getah, dan getah ini akan semakin berkurang dengan semakin mendekati kematangan.

Buah yang dapat anda temukan di Dieng ini memilki banyak manfaat bagi kesehatan anda seperti jika anda memiliki maslaha pencernaan dapat diatasi dengan memakan Buah Carica karena mengandung serat dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Hatmi-hati loh ketika anda akan membeli buah yang masih ada keluarga dengan Pepaya ini, Perbedaan antara buah carica dengan pepaya yang biasa kita jumpai di pasar atau supermarket adalah buah ini ukurannya lebih kecil dari pepaya biasa dan juga buah ini hanya hidup di dataran yang bersuhu dingin seperti di daerah pengunungan dieng. Selain itu juga buah ini mengandung banyak vitamin yang memiliki banyak manfaat yang besar bagi kesehatan. Buah ini mengandung sejumlah nutrisi seperti serat, vitamin E, vitamin B kompleks, enzim papain yang sangat tinggi, vitamin A, vitamin C.

Carica  banyak mengandung enzim  Papain, yaitu enzim yang berfungsi mempercepat proses pencernaan Protein. Enzim papain dalam buah pepaya mampu mencerna zat sebanyak 35 kali lebih besar dari ukurannya sendiri, itulah kenapa meski kandungan Protein dalam buah Carica tidak terlalu tinggi (4-6 gr) namun hampir selurunya dapat diserap oleh tubuh dan sangat berpengaruh pada produksi hormon pertumbuhan manusia. Bahkan penelitian baru-baru ini menunjukan kandungan Arginin pada buah carica dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker Payudara. Kandungan Papain dalam buah Carica juga memiliki sifat antiseptik dan membantu mencegah perkembangbiakan bakteri yang merugikan di dalam usus. Membantu menormalkan pH usus sehingga keadaan flora usus pun menjadi normal.

Bagi anda yang sedang mengandung, buah carica bagus juga loh bagi andatapi kalau anda ragu untuk menikmati carica, lebih baik anda konsultasikan dan tanyakan ke dokter kandungan, banyak yang bingung dengan khasiat buah ini baik untuk ibu hamil atau tidak. Dilihat dari asal usulnya buah ini yang masih tergolong dalam keluarga papaya, manfaat carica memang baik bagi semua orang, tergantung olahan apa yang anda akan konsumsi dan darimana produk itu dikonsumsi adalah hal yang penting untuk diketahui, dikarenakan cara pengolahan yang salah dapat menjadi salah satu sebab produk carica tersebut merugikan bagi tubuh kita. Sekarang sudah jelas bukan bagaimana kandungan dan manfaat yang diberikan oleh buah Carica ini. Selamat mencoba dan tetap sehat ya. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button