AccommodationHeadline News

Buka Rute Baru dari Makassar, Garuda Indonesia Dukung Pengembangan Pariwisata Indonesia Timur

Dukungan Garuda Indonesia terhadap pengembangan sektor pariwisata di kawasan Indonesia Timur diwujudkan melalui dibukanya beberapa rute baru penerbangan langsung dari Makassar.

Hal ini ditegaskan oleh Wakil Presiden Koordinator Domestik Sales dan Distribusi Hari Agung Saputra pada peluncuran rute-rute baru di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (15/12). Menurutnya, penambahan rute penerbangan langsung Garuda Indonesia dari Makassar ke wilayah Indonesia Bagian Barat dan Bagian Tengah diantaranya Medan dan Kupang.

Selain itu Garuda Indonesia juga memperkuat konektivitas di wilayah intra Sulawesi dengan adanya penerbangan rute Makassar- Palopo, Luwuk-Palu, Kendari-Wakatobi yang dapat diakses dari Makassar dan penambahan frekuensi Makassar-Raha yang juga beroperasi pada Desember 2017.

Beberapa rute baru yang terbang perdana pada bulan Desember tersebut di antaranya rute Makassar-Kupang yang efektif mulai 16 Desember 2017 dengan jadwal penerbangan 4 kali seminggu pada Senin, Selasa, Kamis dan Sabtu.

Rute Makassar-Palopo efektif mulai 18 Desember 2017 dengan jadwal penerbangan 3 kali seminggu pada Senin, Rabu, Jumat.

Selain itu rute Luwuk-Palu yang efektif mulai 19 Desember 2017 dengan jadwal penerbangan 3 kali seminggu pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Lalu rute Makassar-Medan yang mulai efektif 20 Desember 2017 dengan jadwal penerbangan setiap hari.

Selanjutnya juga dilakukan penambahan frekuensi Makassar-Raha menjadi 4 kali seminggu efektif 18 Desember 2017 dengan jadwal penerbangan pada Senin, Rabu, Jumat dan Minggu.

Rute Kendari-Wakatobi yang juga akan terbang perdana pada Desember 2017 dengan jadwal penerbangan 4 kali seminggu pada Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu dan sudah terhubung dari Makassar dan Jakarta.

Keenam rute tersebut, kata dia, diterbangi oleh pesawat CRJ Bombadier 1.000 Next Gen dan pesawat ATR72-600. Adapun rute yang diterbangi oleh armada CRJ Bombadier 1000 Next Gen di antaranya Makassar=Kupang dan Makassar-Medan.

Pesawat CRJ merupakan pesawat jet yang memiliki kapasitas 96 penumpang. Sementara rute yang diterbangi dengan armada ATR72-600 di antaranya Makassar-Palopo, Kendari-Wakatobi, Luwuk-Palu dan penambahan rute Makassar-Raha.

Berbeda dengan pesawat CRJ, lanjutnya, pesawat ATR72-600 memiliki kapasitas tempat duduk yang lebih sedikit, yaitu 70 penumpang jelasnya.

“Dengan adanya penambahan rute baru ini, diharapkan dapat membantu percepatan pengembangan Destinasi Pariwisata di wilayah Indonesia Timur sesuai dengan Program Nawacita Presiden Republik Indonesia,” katanya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button