CultureHeadline News

Bupati dan Wabup Belitung Apresiasi Event ‘Pesona Bedulang Belitong Nusantara’

Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sahani Saleh mengapresiasi event Pesona Bedulang Belitung Nusantara yang digelar di Neo Soho Mall, Jakarta, beberapa waktu lalu. Event merupakan buah kerja sama Podomoro University dan Pemerintah Kabupaten Belitung.

Bupati Sahani menilai, event tersebut menjadi  wadah untuk mempromosikan pariwisata Belitung khususnya untuk bidang budaya dan kuliner.

“Saya merasakan betul-betul suatu surprise dengan kegiatan ini, karena ini adalah kegiatan yang betul-betul akan mempromosikan Belitung secara menyeluruh dan dengan budaya dan kuliner Belitung,” kata Wakil Bupati Belitung periode 2008-2013 ini  kepada tim liputan El John News, di sela-sela acara Pesona Bedulang Belitung Nusantara,”

Selain itu, menurut Bupati Sahani, event ini juga dapat memperkuat kekeluargaan masyarakat Belitung sesuai dengan nilai yang terkandung proses makan bedulang yakni untuk menjalin silaturahmi antara keluarga.

“Sebetulnya, jaman dulu itu adalah makan sehari-hari antar keluarga, nah dari hari-hari ini selanjutnya berkembang lah secara komunitas, katakanlah. Dalam event-event tertentu misalnya ada selamatan, kondangan dan sebagainya, jadi ya terus menerus, jadi sebenarnya dimulai dari keluarga dulunya,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Bupati (Wabup)  Belitung Isyak Meirobie. Ia merasa bangga, prosesi kebudayaan Belitung dapat tampil di salah satu mall terbesar di Jakarta. Menurutnya, pusat perbelanjaan menjadi tempat yang tepat dalam mempromosikan suatu event seperti Pesona Bedulang Belitung Nusantara ini.

“Kalau di sebuah mall yang bintang lima seperti neo soho ini tentunya akan lebih mudah bagi kami masuk ke kelas yang kami tuju, supaya kunjungan wisatawan yang berkunjung ke Belitung juga wisatawan yang berkualitas. Bukan hanya kuantitinya, tapi juga wisatawan yang datang juga wisatawan yang berkelas,” kata mantan Wakil Ketua DPRD Belitung ini di kesempatan yang sama.

Isyak menjelaskan, bahwa makan  bedulang menjadi event untuk menarik wisatawan, bukan hanya wisatawan nusantara (wisnus), namun juga wisatawan mancanegara (wisman). Hal ini dilakukan agar kebudayaan di Belitung dapat dikenal di dunia.

Jadi sekarang kita sudah menyasar ke wisatawan internasional mancanegara bukan hanya domestic. Jadi kami butuh mengenalkan budaya makan bedulang ini, untuk semua kalangan dan juga ke seluruh masyarakat internasional,” ungkap Wabup.

Pesona Bedulang Beltong Nusantara merupakan event tahunan yang digelar Podomoro Univesity di Neo Soho Mall, Jakarta pada 29 Februari hingga 1 Maret 2. Tahun ini merupakan tahun ke lima event tersebut diselenggarakan, dengan mengambil tema “The Hidden Paradise”.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close