Tourism

Chinatown Terbesar di Indonesia Akan Ada di Magelang

Sebuah gagasan besar coba digulirkan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Dan memang perubahan pariwisata Indonesia ke arah lebih baik harus terus dilakukan oleh Kemenpar, salah satu gagasan dari Menpar adalah pembangunan kawasan Chinatown terbesar di Indonesia yang sudah dipersiapkan akan dibangun di Magelang.

“Kita sudah siapkan lahan tanah 10 hektar untuk membangun China Town terbesar di Magelang,” jelas Menteri Pariwisata Arief Yahya di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Rabu (13/4).

Meski letak dan tempatnya masih dirahasiakan, namun Arief Yahya tinggal menunggu instruksi langsung dari Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo sebagai pemilik wilayah di Jawa Tengah. “Kalau Gubernur Jateng sudah selesai mengeksekusinya, maka kita akan selesaikan Chinatown dalam waktu setahun sehingga tahun 2017 sudah bisa dinikmati,” ucapnya dengan bangga.

Chinatown ini dipilih dibangun di Magelang karena selain dekat dengan akses menuju Candi Borobudur, Arief Yahya pun mengaku kehidupan warga Tiongkok juga paling banyak berada di Magelang. “Konsep Chinatown-nya sudah ada dan sekarang tinggal restorasi saja, ditambah kekayaan candi Borobudur yang sudah ada dan sangat memudahkan karena turis Tiongkok juga sangat tertarik dengan Borobudur. Jika Chinatown sudah jadi maka akan dengan mudah meng-attract mereka lebih banyak,” paparnya

Gagasan Mentri Pariwisata Arief Yahya yang akan membangun Chinatown di sekitar Candi Borobudur Kabupaten Magelang, dibenarkan pula oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Magelang, Edi Susanto. “Kami belum tahu detailnya seperti apa pembangunan Chinatown ini. Memang disebutkan di dekat candi Borobudur, namun lokasinya di kota Magelang,” tandasnya.

Menpar menuturkan bila pembangunan Chinatown ini tidak akan mengganggu 3 zona yang sudah ada di wilayah Candi Borobudur. “Kamu harus tahu ada tiga zona di Borobudur, dimana zona pertama Candi Borobudur dibawah Kemendikbud mengapa demikian karena dulu budpar disini, kemudian ada pula zona dua yang berada di bawah PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, terakhir zona tiga yang berada di bawah Pemda dan tiga zona ini tidak kita sentuh termasuk dengan pembangunan Chinatown ini,” tutupnya.

Di sisi lain, gagasan Menteri Pariwisata Arief Yahya yang akan membangun Chinatown ini disambut hangat oleh para pelaku pariwisata di Borobudur, Kabupaten Magelang. Chinatown diharapkan bisa memperlama masa kunjungan wisatawan.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button