DestinationSportsTransportation

Dermaga Eksekutif Merak-Bakauheni Siap Pakai Sebelum Asian Games 2018

Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hari ini melakukan groundbreaking pembangunan Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak dan Bakauheni. Dalam sambutannya Rini menekankan dermaga harus selesai Agustus 2018 agar dapat digunakan saat Asian Games 2018 digelar di Jakarta-Palembang. Dermaga ini rencananya akan diintegrasikan dengan jalan tol Palembang-Bakauheni.

“Dermaga ini harus selesai Agustus 2018 sebelum Asian Games, nyambung dengan jalan tol Palembang-Bakauheni. Saya yakin perekonomian Sumatera-Jawa jadi satu kesatuan,” kata Rini dalam sambutannya di Pelabuhan Merak, Cilegon, Sabtu (27/5).

Nantinya setelah Jalan Tol Trans Sumatera selesai semua, jalanan dari Aceh sampai Banyuwangi akan tersambung. Ditambah dengan kapal feri penyeberangan ke Bali, maka dari Aceh sampai Bali ada jalur yang terintegrasi.

“Kita targetkan nanti sampai ke Aceh sehingga menyambung dari Aceh sampai Banyuwangi. Dari Banyuwangi ada penyeberangan ke Bali, nanti perlu diperbaiki,” tukasnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, berharap perekonomian Cilegon makin maju dengan adanya dermaga eksekutif ini.

“Dengan berkembangnya ini, Insya Allah Cilegon nanti enggak kalah sama Bandung,” ucapnya.

Selain itu, Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak dan Bakauheni akan menjadi solusi untuk mengatasi panjangnya antrean yang akan menyeberang, mempersingkat waktu tunggu sandar, mempermudah akses menuju ke pelabuhan dan membangun sarana pendukung bagi calon penumpang kapal.

“Tercatat tiap hari 51.000 penumpang dan 10.000 kendaraan menyeberangi Merak-Bakauheni, menjadi keharusan kita untuk meningkatkan level pelayanan,” tutupnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button