Eco TourismTourism

Desa wisata Banjarsari, kondisi alam yang unik, segar, asri, dan hijau

Desa Wisata Banjarasri

Desa Wisata Banjarasri (Dewiasri) terletak sekitar 35 kilometer sebelah barat Kota Yogyakarta. Desa yang berada di wilayah Perbukitan Menoreh, Kabupaten Kulonprogo ini untuk menghilangkan kepenatan. Salah satu yang ditawarkan oleh desa ini adalah kondisi alam yang unik, segar, asri, dan hijau. Selain itu nuansa pedesaan yang masih terasa kental, masyarakat desa memiliki kesepakatan untuk menjaga kebudayaan, keasrian dan kebersihan desa serta keramahtamahan pada para pengunjung Dengan sumber daya alam dan manusianya seperti ini, desa wisata Banjarsari mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi pariwisata di Yogyakarta.

Dewiasri berhasil meraih juara kedua Desa Wisata Terbaik di Indonesia 2012 dan berhak menerima penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama dua desa wisata terbaik lainnya, yakni Desa Bejiharjo yang terletak di Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta dan Kelurahan Kauman Kecamatan Pekalongan Timur Kota Pekalongan Jawa Tengah masing-masing sebagai juara satu dan tiga.

Berbagai macam keindahan alam dan fasilitas bisa akan memuaskan anda di desa wisata banjar sari ini, anda bersama keluarga akan dimanjakan dengan berbagai macam kegiatan petualangan menyuri indahnya alam pedesaan dan anda juga bisa menemukan makanan khas kulonprogo yang tentunya akan mengoyang lidah anda. Desa wisata banjarsari bisa anda jadikan solusi untuk menghilangkan penat anda dalam pekerjaan dan meninggalkan suasanan perkotaan yang sudah tidak nyaman lagi, bersama keluarga anda bisa berkumpul dan bermain bersama. Dari sarana transportasi maupun akomodasi sudah tergolong lengkap, karena masyarakat disekitar juga banyak yang menyediakan homestay dengan tarif sekitar 50 ribuan permalamnya.

Disana kalau waktu anda agak luang juga bisa belajar membuat makanan khas seperti gula aren, slondok, gethuk dan keripik singkong Cara menuju lokasi Desa Wisata Banjarsari kalau anda menggunakan kendaraan umum, seumpama anda dari Kota Jogja bisa numpang/naik Bis yang kearah Wates atau Purworejo. nanti anda harus transit sebentar di Terminal Wates, kemudian melanjutkan dengan menumpang angkot ke arah Dusun Banjarsari.

Namun kalau anda suka menggunakan kendaraan pribadi atau sepeda motor, langsung saja menuju arah barat ke Desa Boro, Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo DI Yogyakarta. Dan kalau anda dari arah Magelang dan Muntilan misalnya, lebih cepat ditempuh dari jalan alternatif dari arah Borobudur menuju Kalibawang atau kearah Kota Wates Kulonprogo. Disediakan Home stay bagi anda yang ingin bermalam dan bertempat tinggal sementara didesa ini, dengan bangunan unik dan bangunan rumah khas jawa.

Yang menarik berbagai macam makanan khas Kulonprogo bisa anda nikmati disini, seperti Slondok, gethuk telo, kripik singkong, gula aren dan masih banyak yang lainnya. Suasana rumah joglo tempo dulu anda lihat diberbagai sudut didesa banjarsari ini, yang bertujuan agar agar suasana budaya dan adat jawa tempo dulu tetap terasa dan selalu dingit setiap pengunjung yang datang didesa ini.

Tidak hanya sampai disitu saja, karena ada juga gunung yang dapat anda kunjungi. Gunung Kucir adalah nama sebuah gunung wisata yang terletak di Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak dari kota Yogyakarta sekitar 15 km. Gunung kucir terdiri dari dua gugusan, yakni Gunung Kucir Lanang dan Gunung Kucir Wadon Gunung Kucir Lanang (lebih tinggi) dan Gunung Kucir Wadon (puncaknya datar) merupakan dua puncak andalan. Dari puncak Gunung Kucir ini pendaki bisa menikmati alam ciptaan Tuhan yang luar biasa indahnya.

Jika menghadap ke sisi timur akan terlihat jelas gunung Merapi-Merbabu yang akan semakin menampakkan pesonanya ketika matahari pagi menyembul dari balik punggungnya. di sisi Selatan terpampang pantai laut selatan dan pegunungan seribu, Gunung Kidul. Menghadap utara tersuguh puncak-puncak Suralaya dan Gunung Sumbing yang menyembul anggun. Bila menghadap Barat tampak pepohonan pinus yang rapi menyelimuti bukit-bukit yang menjadikan tempat terbenamnya matahari.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button