Dinas PPKUKM DKI Jakarta Dorong Jakarta Entrepreneur Raih Sukses di INDEX Dubai 2024

0

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta turut serta dalam ajang pameran “Interior Design and Furniture Exhibition (INDEX) 2024” yang berlangsung dari 4 hingga 6 Juni 2024 di Dubai World Trade Center, Dubai. Acara ini menjadi peluang emas bagi para pelaku industri furnitur dan desain interior dari berbagai belahan dunia untuk bertemu dan berkolaborasi.

Kepala Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo, menjelaskan bahwa INDEX Dubai 2024 adalah platform penting bagi para profesional di bidang desain interior dan usaha furnitur untuk memperkenalkan inovasi, investasi, serta tren desain terkini di tengah kemegahan Kota Dubai. “Pada pameran INDEX 2024 di Dubai ini, kami membawa tiga perwakilan dari UKM binaan atau Jakarta Entrepreneur, yaitu Aida Rattan Industry, Urban Quarter, dan WISANKA,” kata Ratu pada Kamis (06/06/2024).

Ratu juga menambahkan bahwa pameran ini mempertemukan lebih dari 20.000 pembeli dengan berbagai merek serta pemasok global di sektor furnitur, lantai, pencahayaan, dan tekstil. Berbagai kegiatan menarik seperti pameran, perdagangan, forum bisnis, workshop, dan seminar turut diadakan selama acara berlangsung. Ia berharap bahwa partisipasi Jakarta Entrepreneur di ajang ini dapat mendorong perkembangan mereka di kancah internasional.

Keikutsertaan perwakilan UKM binaan Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta dalam INDEX 2024 di Dubai mencerminkan komitmen Jakarta sebagai kota global yang berperan vital dalam pengintegrasian ekonomi transnasional. Kota Jakarta tidak hanya berfungsi sebagai simpul utama dalam jaringan ekonomi dunia, tetapi juga mampu menarik modal, barang, sumber daya manusia, ide-ide, serta informasi dari berbagai penjuru dunia.

“Kehadiran perwakilan UKM Indonesia pada pameran internasional ini diharapkan dapat mempromosikan dan menjual produk-produk mereka, serta menjalin kemitraan dengan pelaku usaha global, sehingga membuka peluang ekspor yang lebih besar bagi produk-produk UKM,” ujar Ratu.

Selama pameran INDEX 2024, ketiga UKM yang dibawa oleh Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta memamerkan berbagai produk inovatif mereka. Aida Rattan Industry misalnya, menampilkan koleksi furnitur rotan yang memadukan keindahan alami dengan desain kontemporer. Urban Quarter menghadirkan furnitur modern yang fungsional dengan estetika minimalis, sementara WISANKA menawarkan produk-produk home décor yang kaya akan sentuhan budaya lokal.

Selain berfokus pada promosi produk, keikutsertaan di INDEX Dubai 2024 juga membuka peluang bagi para peserta untuk belajar dari para ahli dan pemimpin industri global. Melalui berbagai workshop dan seminar, para UKM bisa mendapatkan wawasan baru mengenai tren pasar, teknik produksi mutakhir, dan strategi pemasaran efektif yang bisa diterapkan untuk meningkatkan daya saing produk mereka di pasar internasional.

“Melalui kesempatan ini, kami berharap dapat memperkuat posisi UKM Jakarta di pasar global dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” pungkas Ratu. Partisipasi ini juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi kota-kota lain di Indonesia untuk aktif berpartisipasi dalam pameran internasional demi mendorong produk lokal ke panggung dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *