DestinationTourism

Dispar Riau Gelar Kompetisi Pesona Destinasi Wisata Riau 2019

Guna memberikan apresiasi dan motivasi kepada Kabupaten/Kota dalam mengelola destinasi dan daya tarik wisata di daerahnya, pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pariwisata (Dispar) memberikan penghargaan kepada Kabupaten/Kota yang sudah berproses dan berhasil dalam mengembangkan destinasi dan daya tarik wisata di daerahnya.

Pelaksana tugas Kepala  Dinas Pariwisata Riau, Raja Yoeserizal mengatakan, ajang kompetisi Pesona Destinasi Riau 2019 merupakan stimulan para pengelola destinasi dalam mengelola destinasi di daerahnya.

“Kagiatan ini juga sebagai instrument alat ukur sejauh mana keberhasilan dan partisipasi serta kerjasama sektor pemerintah maupun swasta ,masyarakat dalam pembangunan pariwisata dalam mengelola destinasi di daerahnya,” kata Kadispar Riau, Raja Yoserizal, Selasa (29/10/2019).

Ia menjelaskan, penghargaan ini dikemas dalam program kegiatan Pesona Destinasi Riau 2019. Mengacu kepada penilaian yang berbasis 3A ( Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas) dan 3S ( Size, Sustainable, Spread). Adapun proses pelakasanaan kegiatan ini diawali dengan permintaan usulan ke Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota untuk mengirimkan destinasi wisata dengan kategori yang telah di tetapkan dan mengacu kepada pedoman penilaian Pesona Destinasi Riau.

“Tim penilai akan memverifikasi serta menyeleksi usulan tersebut, dan dilanjutkan ekspos oleh Kepala Dinas Pariwisata Kab/Kota terkait usulan tersebut. Kabupaten/Kota yang keluar sebagai pemenang akan diberikan penghargaan dan hadiah pada malam puncak. Total seluruh hadiah Pesona Destinasi Riau 2019 senilai sembilan puluh juta rupiah untuk 5 kategori,” jelasnya.

Adapun rangkaian kegiatan ini yaitu, membentuk tim perumusan pesona destinasi, meminta Kabupaten /kota mengusulkan Pesona Destinasi Riau dalam jangka waktu 1 bulan, melakukan verifikasi, dan Ekspose Kadispar Kabupaten/Kota kepada Kurator. Pelaksanaannya telah berjalan sejak 1 bulan lalu tepatnya pada tanggal 23 september 2019. Setelah melalui proses administrasi dan kurasi, pemenang akan diberikan penghargaan dan hadiah bersempena dengan kegiatan “Festival Ruang Kita” pada awal bulan Desember 2019.

Pesona Destinasi Riau 2019 terdiri dari 5 kategori lomba, yakni destinasi wisata favorit, destinasi wisata halal favorit, event favorit, destinasi wisata sejarah favorit dan kategori penghargaan kepada Bupati/Walikota. Tim penilai atau kurator yang terlibat pada kompetisi ini adalah Budayawan Riau, Prof. Suwardi. MS, Akademisi Universitas Lancang Kuning, DR. Junaidi, M.Hum, wartawan Senior Kompas, Syahnan Rangkuti, Kabid Destinasi Dispar Riau, Raja Hendra Saputra dan wakil Sekjen DPP Himpunan Pramuswisata Indonesia, Osvian Putra. (Sumber Dispar Riau)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button