Lifestyle

Efek olahraga menggunakan sepeda

sepeda4

Bersepeda adalah kegiatan rekreasi yang menyenangkan dan merupakan sarana transportasi yang murah meriah juga ramah lingkungan. Banyak orang yang memanfaatkan sepeda sebagai alat transportasi untuk pergi ke kantor, sekolah, pasar dan sebagainya. Selain tidak memerlukan bahan bakar bersepeda juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Di denmark telah di lakukan penelitian manfaat bersepeda, dan hasilnya bersepeda mampu mengurangi 40 % resiko kematian, Baik wanita maupun laki laki. Bersepeda tidak hanya melibatkan bagian kaki saja. Bersepeda adalah latihan fisik yang hampir melibatkan setiap bagian tubuh.

Selain memperkuat otot-otot bagian kaki dan paha, bersepeda secara rutin juga akan mengencangkan otot-otot bagian belakang, pinggul, dan lengan. Selain itu bersepeda juga meningkatkan daya tahan tubuh. Bersepeda secara rutin membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini akan membuat anda selalu bugar dan berenergi setiap harinya. Selama bersepeda, jantung berdetak lebih cepat dari biasanya. Bersepeda secara rutin dapat menjaga kesehatan jantung.

Beberapa penelitian yang melibatkan pria paruh baya menunjukkan adanya efek positif dari bersepeda terhadap fungsi kardiovaskular. Diabetes meningkatkan risiko berbagai penyakit lainnya seperti penyakit jantung, stroke, kulit, mata, penyakit ginjal, dan beberapa penyakit lainnya. Diabetes dapat dikontrol oleh aktivitas fisik yang salah satunya meliputi bersepeda.Bersepeda adalah kegiatan atau olahraga yang menyenangkan. Jika anda sedang stres, maka bersepedalah.

Para ahli mengatakan bahwa hampir semua jenis olahraga termasuk bersepeda, dapat membantu mengurangi stres. Menghabiskan waktu di pagi atau sore hari untuk bersepeda sambil melihat-lihat indahnya pemandangan sekitar dinilai cukup efektif untuk mengurangi stres dan depresi. Bersepeda merupakan olahraga yang baik untuk membakar kalori. Bersepeda dengan kecepatan sekitar 16 km/jam dapat membakar 260 kalori per jamnya.

Manfaat bersepeda untuk diet atau menurunkan berat badan ini sudah banyak terbukti. Oleh sebab itu, banyak wanita yang ingin menurunkan berat badan melakukan olahraga ini secara rutin setia harinya. Bersepeda tidak harus dilakukan di jalan-jalan besar, Anda dapat memanfaatkan lingkungan atau taman di sekitar rumah Anda untuk menikmati segarnya bersepeda di pagi ataupun sore hari. Selain untuk diet, Anda dapat berjalan-jalan bersama keluarga atau orang tercinta. Dengan bersepeda setiap hari secara rutin, berat tubuh Anda akan menurun dan keinginan Anda untuk diet akan tercapai.

Buktikan sendiri manfaat bersepeda setiap hari, sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan dapat menurunkan berat badan. Kulit menjadi lebih kencang dan otot juga menjadi lebih kuat serta dapat menjaga kesehatan jantung. Yang jelas, saat bersepeda Anda dapat melatih pernapasan dan membuat jantung Anda menjadi lebih kuat. Tidak harus bersepeda dalam waktu yang lama, cukup 15 hingga 30 menit setiap harinya maka Anda akan memperoleh manfaatnya segera. Olahraga bersepeda ini dapat dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Tidak selamnya bersepeda itu menyehatkan juga loh karena menurut penelitian para ahli di Yale University, wanita yang bersepeda dengan posisi handlebar (setang) rendah memiliki risiko tinggi untuk masalah kesehatan seksual. Naik sepeda dengan posisi setang rendah, seperti pada sepeda gunung, akan menciptakan tekanan besar pada daerah organ kelamin. Kondisi ini menyebabkan mati rasa yang mengarah pada disfungsi seksual. Penelitian dilakukan dengan melibatkan 48 responden wanita dengan frekuensi tinggi mengayuh sepeda, setidaknya 16 mil (sekitar 25,5 km) seminggu.

Mengamati gaya bersepeda tersebut pada puluhan wanita, para peneliti mencatat, mayoritas wanita menyandarkan berat badan mereka ke depan dengan penyangga di tangan. Posisi punggung mereka cenderung membentuk sudut 30 – 45 derajat ke arah depan untuk mendapatkan posisi yang lebih aerodinamis. Semakin rendah posisi setang, semakin besar risiko gangguan seksual. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button