DestinationTourism

Pantai Bolihutuo, Mutiara di Pesisir Teluk Tomini

pantai bolihutuo

Ketika Anda berkunjung ke Gorontalo, sisihkan waktu untuk meluncur ke arah barat kota ini menuju salah satu pantai dengan pemandangan indah. Pantai Bolihutuo namanya, terletak di Kabupaten Boalemo berjarak sekitar 120 km dari kota Gorontalo. Pantai Bolihutuo yang juga dikenal dengan nama Pantai Boalemo Indah merupakan pantai yang sudah terkenal keindahannya oleh kalangan wisatawan. Pantai ini memiliki pemadangan memesona dan menjadi salah satu destinasi andalan pemerintah Kabupaten Boalemo. Selama perjalanan menuju pantai ini, Anda akan melewati pemandangan alam hijau ditemani sejuknya udara serta lembah perbukitan. Ada pepohonan kelapa berjajar di antara perbukitan hijau sehingga menjadikannya pantai yang cocok untuk mengobati rasa letih dan jemunya hiruk pikuk perkotaan yang menyita energi.

Keindahan Pantai Bolihutuo, ibarat mutiara yang terhampar di pesisir Teluk Tomini. Gulungan ombak yang lambat laun menyentuh bibir pantai menambah elok suasana alamnya. Hamparan pasir putih yang menyelimuti kawasan Pantai Bolihutuo dihiasi rindangnya puluhan pohon pinusyang menjulang tinggi. Airnya yang berwarna biru menambah eksotis pantai ini. Pantai Bolihutuo Indah adalah salah satu alternatif pilihan yang pas dikunjungi pada akhir pekan. Selain bersantai dan berwisata bahari di Pantai Bolihutuo, Anda patut melancong ke Desa Lamu, Kecamatan Tilamatu, yaitu sebuah tempat dimana gugusan pulau berpasir putih berdiam di tengah laut. Kabarnya kawasan ini akan dikembangkan menjadi destinasi wisata untuk turis mancanegara. Pulau lainnya yang patut dikunjungi adalah Pulau Lahumbo atau Pulau Paniki. Di keduanya terdapat ratusan ribu kelelawar sehingga menjadikan pulau itu nampak hitam jika dipandang dari kejauhan.

Dari Kota Gorontalo anda dapat menggunakan kendaraan darat baik sewa maupun pribadi atau menggunakan angkutan umum dengan tarif sekitar Rp. 25.000 untuk menuju ke Pantai Bolihutuo. Selama perjalanan menuju pantai yang berjarak sekitar 130 km dari Kota Gorontalo tersebut anda akan disapa oleh alam yang sejuk, lambaian pohon kelapa di sepanjang lembah dan bukit yang anda lalui. Selain itu jika anda menggunakan kendaraan pribadi atau sewa maka anda dapat berhenti di beberapa lokasi untuk membeli oleh-oleh khas Gorontalo seperti binte biluhuta: sup jagung yang lezat, ilabulo: daging, lemak dan kulit ayam yang dimasak memakai pati sagu dan dodol Gorontalo. Yang tak kalah seru, anda juga bisa mampir untuk menikmati jagung pulut yang rasanya lembut dan gurih di Paguyaman yang berada di dekat lokasi transmigrasi.

Keindahan Pantai Bolihutuo menyerupai hamparai mutiara di pesisir Teluk Tomini. Hamparan pasir putihnya dipadu dengan gulungan ombak yang berkejaran terlihat memutih menghiasi lautnya yang biru akan memanjakan mata anda untuk menikmati keindahan pantai ini. Di kawasan pinggir pantai terdapat pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi dan rindang, semakin menambah sejuknya suasana.

Tersedia perahu untuk disewa bagi yang ingin melihat berkeliling pantai. Tarif sewa perahu Rp. 3.000 per 10 menit. Selain perahu, tersedia pula sepeda air, kapal motor, alat diving dan sejumlah fasilitas lain yang disewakan bagi para pengunjung di Pantai Bolihutuo. Di pinggir pantai terdapat saung dan gazebo yang dapat anda gunakan untuk bersantai dan beristirahat.

Pantai Bolihutuo merupakan keindahan alam yang tersembunyi, karena didalamnya terdapat banyak cahaya mutiara yang terhampar di pesisir Teluk Tomini. Debur ombak dan kemudian membawa riak-riak air laut menuju bibir pantai menjakan alasan tersendiri mengapa berbetah diri di pantaiu ini. Pepohonan pinus yang menjulang ke langit, mejadi kelengkapan suasana dalam menikmati panorama Pantai Bolihutuo ini. Hamparan pesisir yang landai, ditambah panorama bukit di sekitar pantai, akan menjadi catatan tersendiri pada penikmat pantai ini. Setelah bersukacita bersama hawa laut Pantai Bolihutuo, kini saatnya bergerak menuju ke Desa Lamu, Kecamatan Tilamatu, yaitu sebuah tempat terdapat gugusan pulau berpasir putih berdiam di tengah laut. Pulau lain yang juga menarik dikunjungi yaitu Pulau Lahumbo atau Pulau Paniki. Keunikan kedua pulau ini, terdapat ribu kelelawar sehingga menjadikan pulau itu nampak hitam jika dipandang dari kejauhan. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button