Headline NewsMarine TourismTourism

Festival Bahari Raja Ampat 2017 Tanamkan Edukasi Kepada Wisatawan

Festival Bahari Raja Ampat 2017 tidak hanya sekedar acara untuk menghibur wisatawan. Acara yang digelar selama empat hari itu (18-21Oktober 2017) juga menanamkan edukasi kepada para wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) serta masyarakat yang dihadir di festival ini,  mengenai pentingnya kebersihan di objek wisata.

Para wisatawan dan masyarakat dengan sukarela memungut sampah yang berserakan di tempat festival.  Mereka pun tak takut dengan jorok, satu persatu sampah yang mengotori tempat dipungut dengan tangan maupun dengan  serokan. Sampah yang mereka kumpulkan dapat ditukarkan dengan souvenir, seperti kaos, gantungan kunci, boneka dan lain-lain.  Sampah-sampah tersebut ditukarkan dengan souvenir di stan Ditjen Pengelolaan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Cara penukarannya menggunakan sistem poin, seperti kaus dihargai 150 poin, dan gantungan kunci 50 poin. Sedangkan satu botol besar air mineral 1500 ml sama dengan 15 poin, ukuran 600 ml sama dengan 10 poin, dan 330 ml sama dengan lima poin.

Dari antusiasme masyarakat, alhasil hanya dalam tiga hari sudah terkumpul 15 karung sampah plastik bekas botol air mineral. Itu hanya dari sekitar destinasi wisata Pantai Waisai Torang Cinta (WTC).

Salah satu staf khusus Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut kota Sorong yang bertugas di sana, Hendrik, mengatakan hal tersebut bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar membiasakan diri untuk tidak buang sampah sembarangan. Juga mengajak wisatawan yang ke Raja Ampat untuk ikut menjaga kebersihan.

“Sayangnya di Raja Ampat belum ada bank sampah, jadi pengolahan harus ke Sorong. Sebenarnya ada di Misool, tapi juga hanya penampungan sebelum diolah di Sorong,” ungkap Hendrik.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan hal ini akan terus dilanjutkan di aluar acara festival. Sehingga masyarakat bisa terus mengampanyekan dan wisatwan yang datang ke Raja Ampat juga bisa ikut andil dan mendapatkan souvenir khasnya. Kaus hadiahnya sendiri bergambarkan keindahan Raja Ampat.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button