Tourism

Festival Langkisau yang Memukau

Sebagai wujud konsistensi mendukung serta melestarikan budaya daerah, Dinas Pariwisata Sumatera Barat menyelenggarakan Festival Langkisau. Penyelenggaraan Festival Langkisau tahun ini sudah memasuki tahun ke-14. Festival yang merupakan misi dari Pesona Indonesia dan diadakan bersamaan dengan HUT Kabupaten Pesisir Selatan yang ke-68 ini dimeriahkan berbagai macam sajian budaya.

Sajian budaya yang dimaksud misalnya seperti Festival Burung Berkicau, dimana berbagai burung terbaik dari berbagai daerah di Sumatera Barat dikompetisikan. Kontes tersebut berlokasi di lapangan Medan Bapaneh Rawang, Painan.

Kemeriahan Festival Langkisau kali ini dipastikan jadi semakin menarik karena ada juga diselenggarakan lomba dayung sampan, kejurnas Voli pantai, bazar & pameran, pawai budaya serta pemilihan Uda & Uni.

“Festival Langkisau dalam rangka memeriahkan ulang tahun kabupaten Pesisir Selatan. Karena kita daerah wisata tentu bagaimana kita bisa mempromosikan melalui kegiatan ini. Kita ingin gali potensi dalam bidang seni budaya,” papar Hendrajoni, Bupati Pesisir Selatan, Sabtu (16/4).

Festival ini dimulai sejak tanggal 15 dan akan berakhir pada 21 April 2016 mendatang. Serangkaian kegiatan ini berpusat di Pantai Cerocok Painan, sebagai lokasi wisata unggulan. “Beberapa potensi unggulan seperti di kawasan wisata Pantai Cerocok Painan dan kawasan terpadu Wisata Mande,” lanjut Hendrajoni.

Sementara itu paragliding yang sejak beberapa tahun lalu diadakan kini harus dipisah dengan Festival Langkisau 2016. Gunawan, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Selatan mengatakan acara tersebut dipisah karena sudah menjadi agenda tahunan nasional.

Paragliding, saat ini sudah menjadi agenda nasional, dipegang oleh pusat. Sehingga diselenggarakan secara nasional dengan daerah lain. Walaupun final tetap akan digelar di Langkisau,” ujar Gunawan.

Promosi sangat penting untuk mengenalkan daerah serta potensi yang dimiliki ke banyak orang. Tanpa upaya tersebut, potensi wisata yang dimiliki tidak akan dikenal oleh banyak orang, begitu juga dengan potensi lainnya. Promosi dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan seperti melalui kegiatan pegelaran wisata, publikasi media massa, iklan dan sebagainya. Salah satu contoh mempromosikan wisata daerah melalui pegelaran salah satunya dengan melakukan kegiatan tahunan seperti Festival Langkisau ini.

Kegiatan seperti ini tentunya juga bisa menjadi wadah untuk memperkenalkan produk andalan Kabupaten setempat kepada banyak orang yang berasal dari luar daerah.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button