DestinationTourism

Fokus Pengembangan Dua Destinasi Di Konawe Selatan Untuk Menarik Wisatawan

Pemerintah Konawe Selatan (Konsel) yang berada di provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sedang berupaya untuk mendorong pengembangan destinasi wisata untuk menarik perhatian para wisatawan baik nusantara maupun mancanegara. Untuk kali ini adalah terfokus pada dua destinasi yakni Pulau Hari dan Permandian Air Terjun Moramo.

“Dalam rangka mendukung program pemerintah pusat dan daerah, pengembangan sektor wisata tahun ini kita fokus pada dua destinasi yang ada. Yakni permandian Air Terjun Moramo dan Pulau Hari,” ungkap Wakil Bupati Konsel, Arsalim di Kendari pada Senin 31 Juli 2017.

Dia mengatakan bahwa obyek wisata yang terpendam di bumi Konawe Selatan masih belum sepenuhnya mendapat anggaran yang memadai untuk mendukung pengembangan destinasi wisata tersebut.

Agar bisa fokus menarik wisatawan, Pemkab Konsel melalui Dinas Pariwisata akan fokus pada program pengembangan wisata di dua destinasi yang sudah ada tersebut.

Ia mengatakan mengenai pengembangan destinasi wisata seperti Pulau Hari dan Permandian Air Terjun Moramo agar mendukung pengembangan Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN) dan sejalan dengan hasil koordinasi bersama Sekretaris Kementerian Pariwisata RI.

Mantan ketua Bappeda tersebut melihat bahwa pengembangan pariwisata agar lebih maju sangatlah tidak mudah seperti membalikan telapak tangan. Harus ada kerjasama berbagai pihak terkait dalam pengembangan, baik oleh pemerintah itu sendiri, masyarakat, ataupun pihak swasta yang siap membantu pemda dalam mewujudkan pariwisata Konsel yang memiliki nilai jual daya tariknya bagi para wisatawan.

“Saat ini dari segi anggaran daerah untuk pengembangan pariwisata masih sangat terbatas. Olehnya, itu kami berupaya membangun kerjasama pihak kementerian pariwisata utamanya dalam mendukung anggaran pengembangan kepariwisataan,” jelas Arsalim.

“Memasuki tahun 2017, pemerintah pusat telah memberikan bantuan anggaran melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp1,4 miliar. Alokasi anggaran tersebut sesuai petunjuk tekhnisnya yang akan dipergunakan dalam pembangunan wisata kuliner di Kecamatan Ranomeeto,” tambah Arsalim.

Kedepannya, melalui pihak Dinas Pariwisata akan menggelar event internasional bagi fotografer untuk mempromosikan keindahan destinasi Konsel di kancah mancanegara. Hal tersebut dinilai sepadan mengingat Air Terjun Moramo dan Pulau Hari merupakan salah satu obyek wisata di Konsel yang memiliki nilai jual di mata wisatawan nusantara dan mancanegara.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close