Gelar Pertemuan di Singapura, Menhan Prabowo dan Presiden Ukraina Bahas Pentingnya Perdamaian

0

Dalam rangkaian kunjungan bilateral di Singapura, Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, H.E. Volodymyr Zelenskyy, pada hari Sabtu, (01/06/2024). Pertemuan ini bertujuan untuk mempererat kerja sama di bidang pertahanan dan menanggapi isu-isu global yang mendesak.

Dalam sambutannya, Prabowo Subianto mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Presiden Ukraina atas inisiatif mengadakan pertemuan tersebut. “Salam hangat dan apresiasi kepada Presiden Ukraina atas inisiatif pertemuan hari ini, khususnya untuk membahas persoalan pertahanan,” ujar Prabowo.

Di tengah tantangan keamanan global dan regional yang semakin kompleks, kedua pemimpin menekankan pentingnya menjaga perdamaian dan keamanan internasional. Mereka mengakui perlunya dialog damai dan solusi diplomatik untuk mengatasi berbagai konflik dan ancaman terorisme yang sedang berlangsung.

Selain isu-isu keamanan, pertemuan ini juga membahas masalah kemanusiaan, terutama situasi di Gaza. Indonesia dan Ukraina sepakat mengenai pentingnya memberikan bantuan kemanusiaan dan memastikan akses bagi populasi yang terdampak di zona konflik. Kedua negara menekankan urgensi untuk segera menangani persoalan ini demi kemanusiaan.

Dalam upaya memperluas kerja sama, Indonesia dan Ukraina melihat peluang untuk kolaborasi di sektor industri pertahanan. Salah satu bentuk kerja sama yang diusulkan adalah melalui transfer teknologi. Inisiatif ini menunjukkan keterbukaan kedua negara untuk bekerja sama lebih erat dalam pengembangan industri pertahanan.

Pada akhir pertemuan, Menteri Prabowo menegaskan komitmen Indonesia untuk membangun hubungan pertahanan yang kuat dan saling menguntungkan dengan Ukraina. Ia menekankan bahwa hubungan yang solid dan kerjasama yang baik antara kedua negara akan memberikan manfaat strategis bagi kedua belah pihak.

Pertemuan ini merupakan langkah maju dalam memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Ukraina, khususnya dalam menghadapi tantangan keamanan global dan regional yang semakin meningkat. Kedua negara berharap dapat terus mengembangkan kemitraan yang produktif dan bermanfaat bagi kepentingan nasional masing-masing serta keamanan dan stabilitas internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *