CultureHeadline News

Gelar Ritual Nganggung, Warga Pangkalpinang Gunakan Protokol Kesehatan

Tradisi Nganggung di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tetap digelar meski di tengah pandemi Covid-19. Prosesi ritual makan bersama menggunakan dulang ini dilangsungkan di masjid Al Aziz Pangkalpinang saat perayaan Hari Raya Idul Fitri, Minggu (24/5/2020).

Kali ini tradisi nganggung yang digelar berbeda dengan tahun sebelumnya. Perbedaan terlihat dari jumlah peserta yang hadir. Hal tersebut dikarenakan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus Covid-19.

Tradisi ini dimulai setelah pelaksanaan shalat Idulfitri. Mekanisme pelaksanaan tetap merujuk pada protokol kesehatan. Sejumlah warga yang jumlahnya tidak terlalu banyak ini, datang ke masjid dengan membawa membawa aneka makanan di dulang bertutup tudung saji untuk disantap bersama-sama.

“Kami tetap menggelarnya, karena sudah menjadi tradisi masyarakat daerah ini,” kata Sekretaris Masjid Al Aziz Pangkalpinang, Firman Aghriby.

Sebagian warga Kota Pangkalpinang di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan tradisi nganggung, makan bersama menggunakan dulang di masjid, guna mengungkapkan suka cita dan rasa syukur pada Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, Minggu, meski pemerintah sudah mengimbau warga untuk tidak menjalankannya guna mencegah penularan COVID-19.

Setelah melaksanakan Shalat Idul Fitri, sejumlah warga datang kembali ke Masjid Al Aziz Pangkalpinang sambil membawa aneka makanan di dulang bertutup tudung saji untuk disantap bersama-sama.

“Kami tetap menggelarnya, karena sudah menjadi tradisi masyarakat daerah ini,” kata Sekretaris Masjid Al Aziz Pangkalpinang, Firman Aghriby.

“Pelaksanaan tradisi nganggung ini tetap mengikuti protokol kesehatan COVID-19 yang ditetapkan pemerintah, seperti mengatur jarak antar warga, pengecekan suhu tubuh, menggunakan masker, menyedia tempat cuci tangan, dan lainnya,” tambah Firman.

Firman berharap pandemi COVID-19 segera berlalu dan warga bisa kembali menjalankan ibadah berjamaah di masjid.

“Kita cukup sedih, namun alhamdulillah umat Muslim masih tetap semangat dalam melaksanakan ibadah serta tradisi dalam merayakan Idul Fitri tahun ini,” katanya. (Sumber Antara)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close