Economic

Generasi Milenial Harus Jeli Memilih Informasi yang Baik dan Buruk

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati berpesan kepada para mahasiswa untuk membuat pilihan yang baik dalam menghadapi kemajuan teknologi. Setiap orang memiliki akses yang luas, namun menurut Menkeu yang membedakan adalah kemampuan memilih informasi yang baik dan buruk.

“Teknologi bisa menjadi akses untuk progress tapi dia juga bisa menjadi distrupsi dan membuat anda degress. Anda bisa maju karena opportunity-nya banyak tapi Anda bisa juga mundur bahkan didestroy dengan teknologi,” pesan Menkeu pada acara Kuliah Umum Universitas Khairun Ternate di Gamalama Ballroom pada Kamis (08/03).

Ia mengungkapkan bahwa saat ini Indonesia merupakan negara pengguna internet terbesar ke-4 di dunia. Setiap harinya, informasi masuk, baik yang diminta maupun tidak. Hidup generasi milenial menjadi lebih kompleks dan penuh tantangan, salah satunya adalah kesulitan untuk fokus.

Tidak hanya mengingatkan mahasiswa tetapi Menkeu juga berpesan agar universitas siap menghadapi teknologi. Sekarang tiap orang bisa belajar dari mana saja melalui apa yang disebut massive online course. Namun yang tidak bisa digantikan adalah kehadiran orang yang bisa membimbing, sedangkan Artificial Intelligent (AI) hanya melakukan yang diprogramkan.

“Anak-anak tumbuh dan mereka akan bertanya banyak hal. Di situlah letak kehadiran personal touch menjadi penting. Saya berharap Indonesia terutama civitas akademika untuk siapkan anak-anak muda punya pikiran dan karakter untuk bisa memilih yang bagus. Mereka harus bisa jadi generasi yang bisa memimpin dirinya,” jelas Menkeu.

Untuk mendukung hal itu, Pemerintah telah melakukan investasi di bidang pendidikan melalui LPDP. Dengan pemberian beasiswa diharapkan anak-anak dapat berkompetisi dengan sehat. Pemerintah juga ingin anak-anak Indonesia memiliki confidence yang sama dengan seluruh anak-anak di dunia.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close